3 Anjuran Dokter Turunkan Berat Badan Saat Ramadan

Selain dapat pahala, kamu bisa dapat bonus turun BB.

Dream – Sahabat Dream sedang punya masalah bobot tubuh yang berlebih dan sedang mencoba menurunkannya? Sekarang adalah waktunya. Selain mendapatkan pahala karena menjalankan puasa, kewajiban yang menuntut kita tak makan dan minum hingga setengah hari ini bisa jadi bonus menurunkan berat badan, lho!

Dokter Martha Fitri Alextina, seorang dokter umum dari Klikdokter menuturkan prinsip menurunkan berat badan saat puasa Ramadan atau di bulan lainnya sebenarnya adalah sama.

” Selain bulan untuk beribadah, puasa Ramadhan juga bisa menjadi kesempatan untuk menurunkan berat badan agar mencapai ideal. Khusunya dengan pola makan teratur dan tidak berlebihan selama puasa,” ungkap dr. Martha.

Menurut dr. Martha berat badan sebenarnya dipengaruhi lebih dari 70 persen dari makanan yang masuk ke tubuh.

Jika Sahabat Dream adalah salah satu orang yang ingin menurunkan berat badan saat puasa Ramadan, berikut beberapa tips yang bisa kamu ikuti.

Hindari makanan dengan kadar gula tinggi

Tips untuk menurunkan berat badan saat puasa yang pertama adalah dengan menghindari makanan tinggi gula seperti puding, cake, atau donat yang dibalur coklat.

Sebenarnya pada waktu berbuka, boleh saja mengonsumsi makanan atau minuman manis. Tapi hal itu hanya memudahkan tubuh mencerna asupan yang masuk agar energi lebih cepat diproduksi.

Say no to gorengan

Gorengan mengandung minyak dan karbohidrat sehingga akan mengendap dalam tubuh. Selanjutnya gorengan akan menambah deposit lemak dalam tubuh.

Kamu bisa mengatur porsi makan dengan menggunakan piring yang lebih kecil sehingga akan mudah cepat penuh. Hal tersebut juga mendorong kita tidak mengambil porsi makanan yang terlalu banyak.

Banyak makan makanan berserat

Mulailah mengonsumsi makanan yang kaya akan serat dan antioksidan, seperti buah beri, kacang almond, coklat, buah delima dan sayur-sayuran. Makanan tersebut akan membantumu lebih cepat kenyang.

Usahakan untuk tetap mengonsumsi buah dan sayuran serta protein dengan komposisi setengah dari porsi makan. Sehingga membuat rasa kenyang yang lebih lama.

Ilustrasi

5 Langkah Penting Sambut Ramadan dengan Kebugaran Maksimal

Dream – Penyambutan bulan Ramadan yang datang sebentar lagi, penting bagi umat Muslim untuk mempersiapkan diri secara batin, mental, dan juga fisik.

Banyaknya persiapakan yang dibutuhkan untuk menyambut bulan suci ini akan sangat menguras tenaga, maka dari itu butuh kebugaran yang maksimal dalam melakukannya.

Beberapa dari Sahabat Dream pastinya kaum rebahan kan, ya? Pastinya sedikit sulit memulai untuk bergerak bahkan olahraga, bener nggak?

Tapi, kamu harus tetap bugar agar bisa menjalani puasa serta ibadah lainnya dengan maksima. Nggak harus langsung olahraga berat, kamu bisa ikuti tahapannya berikut ini!

Langkah awal

5-7 hari pertama harus mulai melakukan beberapa perubahan kecil untuk membuat kalian nggak mager, lakukan secara perlahan dan bertahap saja.

Coba mulai dengan naik tangga alih-alih naik lift atau eskalator. Berjalan selama 3 sampai 4 menit, lalu kurangi porsi makan sedikit saja. Ini akan menjadi permulaan yang dapat mengubah gaya hidup menjadi lebih baik.

Dorongan lebih

Pada fase ini, mulailah melakukan olahraga kecil seperti kardio secara rutin, lakukan 20 hingga 30 menit berlari kecil di treadmill atau di tempat datar lainnya.

Lakukan dengan niat baik dan dorongan lebih untuk menghasilkan sesuatu yang baik juga.

Ilustrasi

Mulai beraksi

Sekarang di saat tubuh sudah mulai terbiasa bergerak, cobalah untuk mengikuti kelas gym. Bersamaan dengan kardio rutin, lakukan pula kelas yoga 2 sampai 3 kali seminggu atau bisa ikut kelas zumba. Ikuti kelas gym secara bergantian setiap minggunya agar tidak mudah bosan. Pastikan lakukan terus dan jangan berhenti lagi.

Tahap lanjutan

Di tahap ini, badan akan terasa lebih fit dan bugar serta berat badan akan sedikit ada perubahan. Ini saatnya kamu lakukan tahap lebih lanjut, misalnya dengan menambah hari kelas dalam seminggu atau disela-sela kelas coba lakuan pengangkatan beban (lifting).

Pastikan tubuh tidak terlalu kelelahan dan jangan terllau memaksakan agar tidak jadi sakit.

Ilustrasi

Lakukan rutin

Di fase ini tubuh akan jauh lebih baik dari sebelumnya, pastikan untuk selalu menjaga kebugaran dengan tetap konsisten melakukan olahraga dan bergerak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

13 − 3 =

Shopping cart