3 Tips Aman Minum Kopi Selama Ramadan

Kamu harus mengetahui panduan yang tepat untuk meminum kopi selama bulan puasa Ramadan.

Dream – Biasanya ‘ngopi cantik’ dilakukan ketika usai makan siang atau sore-sore sambil menikmati senja. Eits, sejak 13 April 2021 kemarin, momen itu harus diliburkan sejenak.

Sebab terhitung Selasa kemarin, umat Muslim di dunia serentak menjalankan ibadah puasa Ramadan, yang mengharuskan menahan lapar dan haus sejak terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari.

Lalu, bagaimana pecinta kopi yang terpaksa harus libur menikmati kopi? Tenang, berhenti meminum kopi secara tiba-tiba juga dapat menimbulkan efek samping. Seperti, sakit kepala dan badan terasa lemas.

Untuk itu kamu harus mengetahui panduan yang tepat untuk meminum kopi selama bulan puasa Ramadan.

Waktu yang tepat

Sebaiknya, minum kopi dilakukan satu atau dua jam setelah berbuka puasa. Namun pastikan bahwa kamu sudah mengisi perut dengan makanan pembuka terlebih dahulu.

Kandungan kafein membuat sulit untuk tidur, untuk itu tidak disarankan untuk meminum kopi terlalu malam dan banyak, ya, Sahabat Dream.

Ilustrasi

Kurangi asupan kafein pada kopi

Diketahui, dosis aman kafein dalam sehari adalah 400 miligram untuk orang dewasa. Ini setara dengan 2-3 cangkir kopi hitam. Namun, dosis ini dianjurkan bagi orang yang sedang berpuasa.

Kamu bisa mulai mengurangi asupan kafein dalam kopi. Jika biasanya kamu meminum 2-3 gelas sehari, saat berpuasa kurangi dengan meminum satu gelas saja.

Hal ini untuk menghindari efek samping yang ditimbulkan ketika minum kopi saat berpuasa.

Pilih jenis kopi yang tepat

ilus

Kopi murni biasanya mengandung banyak kafein. Kamu bisa mencoba minum kopi yang sudah memiliki campuran lain seperti susu agar dapat mengurangi kadar kafein tersebut.

Kopi decaf juga dapat digunakan sebagai alternatif lain. Kopi ini merupakan kopi yang sudah diambil kandungan kafeinnya sekitar 90 persen. Sehingga jenis kopi ini aman untuk dikonsumsi.

Selain itu dianjurkan untuk tidak meminum kopi yang memberikan efek asam. Karena kopi jenis ini tidak baik untuk lambung. Terutama bagi penderita maag saat berpuasa.

Cara Baru Menikmati Sensasi Kopi dari Afsel sampai Jepang dari Rumah

Dream – Pandemi Covid-19 yang sudah dirasakan lebih dari setahun telah mengubah berbagai aktivitas kita sehari-hari. Berbagai rencana liburan juga harus ditunda atau dibatalkan demi mencegah penyebaran virus yang dikenal cepat menular itu.

Salah satu agenda yang harus ditunda adalah travel kuliner ke berbagai kota atau negara yang mungkin sudah masuk dalam rencana kamu. Kegiatan travel ini biasanya dimanfaatkan untuk menyicipi kuliner makanan atau minuman khas dari kota yang dikunjungi.

Tapi kamu jangan khawatir dan sedih, pengalaman keliling dunia dan mencoba aneka rasa kopi dari belahan dunia juga bisa dinikmati di masa pandemi ini. Produsen kuliner juga membuuat terobosan untuk menyiasati kondisi serba terbatas ini.

Sajian inilah yang dihadirkan Nespresso dengan mengenalkan varian terbaru ‘World Explorations’. Tak hanya mengajak menikmai kopi, para penikmati minuman pahit ini juga akan diajak bereksplorasi mengenal kopi dan budaya meminum kopi dari masing-masing kota.

Ilustrasi

Untuk melengkapi varian kopi lungo, koleksi World Explorations menghadirkan enam varian kopi terbaru yang terinspirasi dari keindahan kota Cape Town, Tokyo, Stockholm, Vienna, Shanghai, dan Buenos Aires.

Varian lungo dalam koleksi kali ini memiliki cita rasa yang berbeda-beda, sesuai dengan tempat asalnya.

Dalam koleksi ini, Nespresso juga mengajak penikmat kopi untuk belajar dan merayakan budaya ritual minum kopi dari seluruh dunia.

Seperti contohnya, budaya dari Vienna, kopi menjadi bagian spesial dari sebuah perjalanan dan dapat dinikmati dari pagi hingga malam hari.

Berikut masing-masing varian dari Nespresso World Explorations:

World Explorations Shanghai Lungo

Terinspirasi dari budaya kopi modern di kota Cina, Nepresso World Explorations Shanghai Lungo membawa sensasi budaya minum kopi dari Asia dengan blend biji kopi yang ringan, perpaduan dari biji kopi arabika asal Kenya, Cina, dan Indonesia.

Notes berry dan rasa asam dari kopi ini paling cocok disajikan dalam cangkir tinggi, sekaligus untuk merasakan pengalaman minum kopi layaknya masyarakat lokal.

Nespresso World Explorations

World Explorations Buenos Aires Lungo

Berkaca pada sajian kuliner di Argentina yang terkenal dengan hidangan manisnya, Nespresso World Explorations Buenos Aires Lungo mencampur biji kopi arabika dari Kolombia dan biji kopi robusta dari Uganda yang lembut, untuk memberikan notes rasa sereal dan popcorn manis.

Sesuai dengan sajian kopi di Argentina yang identik dengan rasa manis dan milky dan disajikan di dalam cangkir tinggi, varian ini paling cocok disajikan dengan susu dan gula dengan jumlah banyak.

World Explorations Cape Town Envivo Lungo

Merefleksikan kecintaan Afrika Selatan terhadap rasa kopi di Asia yang juga telah memengaruhi rasa kopi lokal di sana, Nespresso World Exploration Cape Town Envivo Lungo mencampur biji kopi robusta dan arabika dari India untuk menciptakan rasa kopi lungo yang intens dengan notes yang agak pahit dan aroma woodsy.

Rasakan kelembutan varian kopi ini dengan campuran susu untuk mendapatkan sensasi rasa meminum kopi seperti masyarakat lokal.

World Explorations Stockholm Fortissio Lungo

Mengajak penikmat kopi untuk berjalan-jalan di indahnya kota Stockholm, Nespresso World Explorations Stockholm Fortissio Lungo membentuk profil aromatik khas kopi Swedia dengan menggabungkan Monsooned Malabar dengan biji kopi arabika dari Kolombia untuk membentuk rasa kopi yang intens dan manis, dengan sedikit hint rasa pahit.

Untuk merasakan sensasi minum kopi seperti masyarakat lokal Swedia, sajikan kopi penuh rasa ini bersama teman-teman dan keluarga sambil menyantap cinammon rolls.

World Explorations Tokyo Vivalto Lungo

Masyarakat Jepang menyukai kopi dengan rasa yang rich, balanced, dan memiliki aroma elegan.

Rasa aromatik dari kopi Nespresso World Explorations Tokyo Vivalto Lungo menghadirkan preferensi ini dengan biji kopi arabika dari Ethiopia dan Meksiko yang memberikan rasa kopi yang kompleks, dengan notes floral dan sedikit rasa asam.

Untuk menyantap kopi seperti layaknya masyarakat lokal, sahabat dream bisa menikmati kopi sambil menghirup aroma khasnya.

World Explorations Vienna Linizio Lungo

Mengangkat tradisi budaya minum kopi dari Vienna, Nespresso World Explorations Vienna Linizio Lungo menjaga cita rasa dari kopi asal Vienna yang khas dengan rasanya yang manis dan lembut, dengan memadukan biji kopi manis asal Brazil dan Kolombia.

Dipanggang dengan teknik light roast untuk menonjolkan rasa malty dan aromatik dalam setiap cangkirnya. Untuk pengalaman kopi yang otentik, penyajian kopi jenis Lungo ini dapat ditambah dengan air panas dan disajikan di dalam cangkir besar, ditemani dengan sepotong kue.

Untuk Sahabat Dream yang ingin memiliki rangkaian kopi dari koleksi Nespresso World Explanations, bisa langsung mendatangi butik Nespresso ataupun membelinya secara online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × 5 =

Shopping cart