4 Cara Atasi Bau Mulut Saat Puasa Ramadan

Bau mulut saat puasa itu normal, namun hal itu bisa diatasi.

Dream – Salah satu masalah saat menjalani puasa adalah munculnya aroma tak sedap dari mulut. Namun hal itu bukan perkara besar.

Bau mulut di bulan Ramadan sebenarnya hal yang normal terjadi. Kondisi tersebut disebabkan berkurangnya produksi air liur sehingga bakteri di mulut menjadi lebih banyak.

Bau mulut atau halitosis biasanya berkaitan dengan kesehatan mulut seseorang. Secara umum, bau mulut timbul karena sisa makanan, bakteri, dan kotoran yang ada di mulut.

Ilustrasi

Sisa makanan yang terlalu lama berada di dalam mulut akan dihancurkan oleh bakteri sehingga menimbulkan bau tidak sedap.

Penyebab lainnya adalah kurang sehatnya gigi kita. Gigi berlubang atau yang bermasalah pada gusi seringkali menjadi penyebab keluarnya darah dari gusi. Alhasil bau mulut pun muncul.

Untuk itu, Sahabat Drema harus tetap lakukann beberapa cara ini agar puasa lancar tanpa hambatan akibat bau mulut.

Sikat Gigi 2 Kali Sehari

Setiap kali kamu menggosok gigi, sisa makanan atau plak yang tersangkut di gigi bisa terbebaskan dari penumpukan bakteri.

Hal ini terjadi, karena setiap makan sesuatu yang mengandung gula, bakteri pada plak gigi memproduksi asam yang menyerang gigi sekaligus e-mail gigi.

Serangan beruntun bisa menyebabkan lapisan email gigi rusak dan menyebabkan gigi berlubang. Plak yang tidak segera dibuang juga bisa menjadi mengeras, sehingga mempersulit menjaga kebersihan gigi.

Rutin Kontrol Gigi 6 Bulan Sekali

Untuk menghindarkan diri dari bau mulut, kamu bisa melakukan kontrol gigi secara rutin.Biasanya dokter menganjurkan setiap 6 bulan sekalii.

Kamu bisa memilih melakukannya sebelum mulai berpuasa Ramadhan atau setelah lebaran.

Hindari Makanan dengan Gula Tinggi

Untuk mencegah terjadinya bau mulut dan masalah pada gigi di bulan Ramadan, kamu harus mencoba membatasi asupan makanan yang mengandung gula tinggi.

Sejumlah penelitian membuktikan bahwa konsumsi makanan manis berpengaruh pada terjadinya karies gigi (gigi berlubang). Yang pada akhirnya menyebabkan bau mulut.

Hindari Konsumsi Makanan yang Berpotensi Membuat Mulut Bau

Bawang adalah salah satu penyebab terjadinya bau mulut. Bahkan menyikat gigi setelah kamu memakannya tidak akan membantu menghilangkan bau mulut tak sedap yang diakibatkannya.

Zat penyebab bau mulut pada bawang akan masuk ke dalam aliran darah dan menuju ke paru-paru.

Untuk menghindarkan bau mulut selama bulan Ramadan ini, hindari makanan yang berpotensi bau ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixteen − 10 =

Shopping cart