4 Pengeluaran Unik yang Hanya Ada di Bulan Ramadan

Keempat jenis pengeluaran itu secara tidak disadari bisa menguras isi kantong kita.

Dream – Saban Ramadan mungkin kita merasa pengeluaran semakin besar. Meski puasa di siang hari, kebutuhan semakin membengkak, sehingga tak terasa uang yang kita keluarkan makin banyak.

Saat Ramadan, memang sebagian di antara kita justru ‘gagal’ mengendalikan nafsu berbelanja. Terkadang kita kalap saat berbelanja makanan untuk keperluan berbuka dan sahur. Sudah begitu, semua harga melambung saat Ramadan dan menjelang Lebaran.

Jika diperhatikan, ada empat pengeluaran unik yang hanya terjadi saat Ramadan. Keempat jenis pengeluaran itu secara tidak disadari bisa menguras isi kantong kita. Meski sudah terjadi dan terulang, kita susah menghentikannya.

Pertama adalah dana buka puasa bersama. Agenda ini merupakan ajang kumpul bersama teman-teman atau keluarga jauh yang sudah lama tidak ditemui. Kita pasti sering mendapat undangan buka puasa bersama teman-teman SD, SMP, SMA, kuliah, bahkan teman kantor.

Ke dua, modal bisnis Ramadan dan Lebaran. Banyak di antara kita yang melihat peluang bisnis yang hanya ada saat Ramadan. Misalnya jualan takjil, amplop THR, dan pakaian untuk hari raya. Bisnis-bisnis itu memerlukan modal. Jika ingin berbisnis, pastikan punya modal cukup untuk diputar dan tidak mengganggu keuangan.

Ke tiga, biaya persiapan Lebaran. Pengeluaran bisa membengkak jelang Idul Fitri. Seringkali kita mengeluarkan uang ekstra untuk membeli makanan, baju baru, hingga uang untuk THR anak-anak kecil.

Ke empat, biaya mudik. Bagi perantau, mudik menjadi agenda tahunan. Kita harus menyiapkan uang tiket pesawat, kereta api, sampai hotel. Biasanya, jelang Lebaran semua tiket harganya jadi selangit.

Namun, tahun lalu dan kali ini pemerintah mengeluarkan larangan mudik mulai 6 hingga 17 Mei 2021 karena pandemi Covid-19. Kita bisa menyisihkan anggaran mudik untuk keperluan lain. Usahakan ditabung, jangan dipakai untuk kegiatan konsumtif lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × 1 =

Shopping cart