4 Tips Mengolah Sayuran Agar Nutrisi Tetap Terjaga

Jangan lupa makan sayur tiap hari.

Dream – Saat sahur dan berbuka puasa, Sahabat Dream jangan lupa untuk selalu menyantap menu-menu bernutrisi seperti yang terkandung dalam sayuran. Menu makan ini sangat dianjurkan karena bisa membantu menopang aktivitas sehari penuh meski tengah berpuasa.

Sayur diketahui sebagai sumber makanan yang yang kaya serat, vitamin dan mineral. Jenis makanan ini sangat baik dikonsumsi selama puasa Ramadan karena bisa bertahan cukup lama.

Tapi memasak sayuran tak bisa semabarang. Kamu harus mengetahui teknik mengolah sayur yang tidak dapat akan membuat vitamin dan nutrisi di dalamnya menjadi hilang.

Lalu bagaimana cara memasak dan mengolah sayur yang benar? Berikut tipsnya!

Mengukus

Gunakan alat kukus yang memiliki tutup, letakkan sayuran di dalam alat kukus. Ingat, bukan direbus, ya.

Cara mengukus sayuran ini berfungsi untuk menjaga kadar nutrisi dan vitamin di dalam sayuran. Mengukus bermanfaat untuk mempertahankan kadar vitamin yang bisa larut di dalam air.

Jadi jika direbus kadar vitaminnya bisa hilang. Jangan terlalu lama mengukus. Pastikan tekstur sayuran tidak terlalu matang, ya, Sahabat Dream.

Ilustrasi

Mengoseng

Karena mengoseng sayuran menggunakan sedikit minyak, jadi durasi mengoseng tidak terlalu lama agar sayuran tidak terlalu layu.

Namun tidak semua sayuran cocok untuk dibuat osengan, terutama sayuran yang memiliki tekstur lunak seperti bayam.

Jadi pandai-pandailah memilih sayuran untuk kamu buat osengan.

Merebus

Kamu perlu hati-hati, jangan sampai merebus sayuran terlalu lama karena bisa menghilangkan nutrisi di dalam sayuran.

Tipsnya, rebus terlebih dahulu sayuran yang bertekstur keras seperti, wortel, buncis, kentang, dan lainnya. Masukkan rempah-rempah sesuai selera untuk menambah cita rasa sayuran.

Sekira hampir matang, masukkan sayuran bertekstur lunak supaya nutrisinya tidak hancur. Rebus sebentar saja lalu matikan api dan hidangkan.

Sebenarnya, tips mengolah sayur dengan cara merebus ini bisa meningkatkan kadar bio-karoten yang ditemukan dalam sayuran tertentu, seperti brokoli, tomat, paprika merah, dan kentang manis.

Ilustrasi

Pakai microwave

Tips mengolah sayuran yang cukup praktis menggunakan microwave. Saat memasak, gelombang microwave bisa memanaskan molekul air di dalam sayuran sehingga kamu tak perlu menambahkan air.

Jika kamu menginginkan hasil maksimal tanpa menghilangkan kadar vitamin, kamu perlu memotong sayuran dengan ukuran yang sama.

Tutup microwave selama 2-4 menit saja, atau sampai menurutmu sudah matang. Lalu angkat dan hidangkan.

Kebiasaan Masak yang Tak Sehat dan Harus Dihindari

Dream – Sejak virus corona menjadi pandemi global, orang-orang jadi semakin sadar tentang sanitasi serta kebiasaan-kebiasaan dalam menjalani aktivitas, termasuk memasak.

Sangat dianjurkan mencuci tangan dan membersihkan setiap hal yang ada di rumah sebelum menggunakannya agar mendapatkan hasil yang menyehatkan.

ilustrasi masak

Sebab, sebelum pandemi ini tak sedikit orang tanpa sadar membiarkan hal bebersih sebelum memasak. Sahabat Dream pernah lakukan tersebut?

Dilansir Miss Kyra, ada beberapa hal dasar yang harus dihindari.

1. Tidak mencuci tangan

Sebelum memasak, penting untuk menyuci tangan sebelum menyentuh salah satu bahan untuk memasak. Sehingga kuman yang ada di tangan tidak berpindah ke bahan makanan yang akan digunakan.

Ilustrasi cuci tangan

2. Tidak mencuci buah & sayur

Kita harus berhati-hati dalam menggunakan buah dan sayur sebelum mulai memotong dan memasaknya. Terutama produk mentah, karena harus dicuci secara menyeluruh, untuk disterilkan sebelum dimasak.

3. Tidak menggunakan atau menyimpan sisa makanan dengan bijak

Menyimpan sisa makanan dengan benar adalah sesuatu yang harus dilakukan dengan benar. Terutama selama pandemi, jangan sampai jatuh sakit karena keracunan makanan.

Jadi, jangan meninggalkan makanan di meja selama lebih dari beberapa jam. Simpan sisa makanan di lemari es dan gunakan maksimal dalam waktu tiga hingga empat hari.

Ilustrasi kulkas

4. Gunakan talenan & pisau yang berbeda

Saat ini, seluruh masyarakat dituntut untuk berusaha semaksimal mungkin menghindari segala jenis penyakit. Salah satunya dengan menghindari kontaminasi silang.

Pastikan untuk mempraktikkan langkah-langkah yang aman saat memotong daging mentah. Gunakan talenan dan pisau yang berbeda untuk daging maupun sayuran.

Pastikan untuk menyuci semuanya dengan baik sebelum memasak hidangan berikutnya.

Laporan: Raissa Anjanique

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × four =

Shopping cart