4 Tuntunan Ulama Biar Acara Buka Puasa Bersama Jadi Berkah

Kapan terakhir kamu buka puasa bersama?

Dream – Bukan sekadar kumpul bareng semata, buka puasa bersama juga mengandung banyak makna begitu dalam dan sudah dilakukan sejak zaman Rasulullah SAW.

Makan bersama merupakan salah satu adab yang diajarkan Rasulullah Muhammad SAW terutama saat buka puasa. 

Di Indonesia, buka puasa bersama sudah menjadi kebiasaan umat Islam. Selain makan, buka bersama juga jadi ajang mempererat silaturahmi sesama Muslim.

Buka puasa bersama ternyata juga ada dalam kajian fikih. Ada keberkahan di balik kegiatan ini, seperti disebutkan Rasulullah dalam hadis riwayat Abu Dawud dan Ibnu Majah.

” Makanlah kalian secara bersama-sama, sesungguhnya keberkahan ada pada makan bersama.”

4 tips agar bukber makin berkah

 Ilustrasi

Ibnu Hajar Al Asqalani dalam Fathul Bari menjelaskan keberkahan menjadi alasan satu-satunya dianjurkannya buka puasa bersama. Semakin banyak orang yang berbuka bersama kita, maka keberkahan jadi makin berlimpah

Sedangkan Imam Ahmad dalam kitab Zadul Ma’ad memberikan empat tips saat berbuka bersama agar dilimpahi berkah.

Pertama, menyebut nama Allah dengan basmalah dan doa buka puasa

Kedua, memuji Allah dengan hamdalah

Ketiga, dilanjutkan dengan makan bersama

Keempat, makanan yang dikonsumsi adalah halal

3 Pilihan Menu Buka Puasa yang Bisa Dipesan Online

Dream – Puasa bukan jadi halangan untuk tetap beraktivitas. Walau #dirumahaja, namun ketika tugas atau kerjaan menumpuk nggak jarang bagi para mereka tidak memiliki wktu untuk memasak atau membeli menu-menu buka puasa di pinggir jalan.

Solusinya pasti order via ojek online atau delivery service.

Hayooo siapa yang suka begini? Tak perlu malu, karena pasti kamu bukan satu-satunya orang yang memanfaatkan jasa online untuk memesan makanan.

Tapi kira-kira apa saja sih menu buka puasa yang bisa dipesan secara? Walau kini hampir semua jajanan bisa dipesan via ojek online, tapi berikut ada beberapa jajanan serta sajian buka puasa versi Redaksi Dream.co.id.

Apakah kita satu selera?

Yuk simak!

Pastel Istimewa Ma’cik

Idola banget kalau urusan camilan atau sebagai menu pembuka. Porsinya yang tidak terlalu besar dan kecil, 1-2 Pastel Istimewa Ma’cik bisa banget kamu jadikan pengganti risol atau bakwan goreng yang sering kamu beli di pinggir jalan.

Memang untuk satu pastel ayam, daging, atau sosis diberi harga Rp9 rb, tapi kami rasa untuk harga segitu cukup membayar nahan lapar kala puasa di siang hari. Berisikan irisan wortel, kentang, telur rebus, dan campuran bintang utama yaitu daging, ayam, atau sosis, jangan lupa tambahkan saus sambal andalan dari Ma’cik.

Jika tidak suka pakai sausnya, kamu bisa gigit cabai rawit hijau agar bisa memberi sensasi pedas.

Martabak Orins

Tersedia versi asin dan manis, Martabak Orins bisa kamu jadikan pilihan jika ‘stuck’ mikir menu buka puasa. Banyaknya pilihan menu di Martabak Orins ini tampak bisa kamu buat jadikan takjil atau makan malam.

Sebut saja seperti martabak telur daging sapi, martabak manis cokelat, keju, biji wijen. Bahkan ada di Martabak Orins terdapat varian rasa yang tak biasa yaitu martabak telur tuna mentai, peperoni carbonara, sedangkan untuk martabak manisnya ada rasa silverqueen greentea, kitkat, cream cheese oreo, red velvet, dan kismis.

Jangan khawatir mubazir, karena di Martabak Orins terdapat varian ukuran. Kamu bisa pesan ukuran mini, sedang, hingga jumbo.

Harganya? Siapkan budget 50-100 ribu rupiah untuk satu porsi martabaknya.

Wingstop

Nah, pilihan menu satu ini bisa banget kamu jadikan menu berbuka puasa sampai makan malam.

Potongan sayap ayam yang kecil-kecil ini satu porsinya memiliki banyak jumlah, ada yang sepaket dengan nasi berisikan dua sayap ayam hingga yang tanpa nasi namun yang tanpa nasi dengan lima potong sayap ayam.

Terdapat aneka rasa, kamu pun bisa sesuaikan dengan selera. Jika suka asin, kamu bisa pesan lemon pepper atau garlic parmesan, jika suka manis dan pesan bisa pesan asian spice, atau yang super pedas ada red hot cajun.

Harganya mulai dari Rp50 rb, tapi mereka juga sering banyak promo, lho! Jadi nggak rugi-rugi amat.

Jadi, mau pesan menu berbuka puasa yang mana?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixteen − 8 =

Shopping cart