5 Golongan yang Rajin Puasa tapi Tetap Terancam Siksa Neraka, Kenapa?

Mereka hanya mendapat lapar dan haus, tidak mendapatkan pahala di sisi Allah.

Dream – Puasa di bulan Ramadan tak hanya menahan lapar dan haus. Tetapi juga emosi dan nafsu buruk.

Kita harus menjaga diri agar puasa tidak sia-sia. Karena nilai puasa akan menghilang jika tetap melakukan perbuatan buruk seperti berbohong, menipu, membicarakan keburukan orang lain atau ghibah, dan perilaku negatif lain.

Bahkan ada orang yang rajin puasa tapi tetap saja masuk neraka. Orang ini hanya mendapatkan lapar dan haus karena pahalanya berkurang akibat tak mengontrol perbuatan tercela.

Berikut beberapa golongan orang yang rajin puasa tetapi tetap berpotensi masuk neraka. Mereka kehilangan esensi puasa Ramadan yakni pengendalian diri.

Puasanya orang tidak sholat

Sholat merupakan tiang agama dan wajib dikerjakan oleh seluruh muslim. Percuma puasa bila tak melakukan sholat wajib lima waktu.

Puasa tanpa melakukan sholat hanya mendapatkan lapar dan haus saja. Amalan puasanya tidak akan diterima oleh Allah.

Berbohong saat puasa

Orang yang puasa tapi melakukan kebohongan maka tak akan mendapatkan pahala. Puasa yang dijalaninya tiada nilai, seperti yang ada pada hadis Nabi Muhammad SAW, diriwayatkan Bukhari.

Barangsiapa yang tidak meninggalkan perkataan dusta malah mengamalkannya, maka Allah tidak butuh dari rasa lapar dan haus yang dia tahan.

Ilustrasi Berdoa

Puasa tapi maksiat jalan terus

Pagi puasa, malam bermaksiat, tentu tidak mendapatkan pahala malah berbuah dosa. Maksiat yang dimaksud adalah perbuatan yang diharamkan agama layaknya berzina, berjudi, dan lain sebagainya.

Oleh sebab itu, puasa orang yang masih menjalankan maksiat tidak akan diterima.2 dari 2 halaman

Puasa tidak sesuai tuntunan

Orang yang berpuasa tetapi tidak seusai tuntunan yang disampaikan oleh Nabi Muhammad SAW maka tidak akan diterima. Misalnya puasa setengah hari, atau puasa tapi tetap merokok. Seperti yang penjelasan hadis berikut ini yang diriwayatkan Muslim.

Barang siapa yang beramal bukan di atas petunjuk kami, maka amalan tersebut ditolak.

Ilustrasi Berdoa

Puasa tidak ikhlas

Berpuasa ikhlas hanyalah demi mendapatkan ridho Allah SWT bukan yang lain. Puasa yang hanya demi pujian orang lain agar telihat lebih religius, atau puasa demi sesembahan selain Allah tentu tak dapat diterima.

Alhasil, seharian menahan lapar dan dahaga menjadi sia-sia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fourteen − twelve =

Shopping cart