Alasan Medis Wanita Tak Bisa Berpuasa Ketika Datang Bulan

Jawabannya sudah ada di dalam hadis.

Dream – Berpuasa merupakan kewajiban yang harus dilakukan semua muslim dan muslimah di dunia. Selama sebulan penuh, 29 atau 30 hari, umat Islam dilarang untuk makan dan minum serta mengendalikan hawa nafsunya.   

Rukun dan syarat berpuasa Ramadan di atur dalam enam poin yaitu:

1. Beragama Islam
2. Baligh
3. Sehat Jasmani dan Rohani
4. Bukan seorang musafir
5. Suci dari haid dan nifas
5. Mampu dan kuat menjalankan puasa Ramadan

Poin nomor lima pastinya dirasakan semua wanita di dunia. Tentu kondisi tersebut tak bisa dihindari karena adanya sifat hormonal tubuh yang terjadi pada wanita, yaitu haid atau menstruasi.

Terkandung dalam hadis

Hal ini dijelaskan Rasulullah SAW sebagaimana dalam hadis yang diriwayatkan Dari Abu Said Al-Hudri, Rasulullah SAW bersabda: ” Bukankah jika (seorang wanita) haid ia tidak shalat dan tidak puasa?” (HR. Bukhari dan Muslim).

Islam sebagai ajaran yang sempurna dan bersifat insaniah, begitu paham kondisi manusia. Demikian juga dengan wanita yang sedang haid.

Di masa haid, diperkirakan wanita kehilangan darahnya sebanyak 34 mililiter. Kadar yang sama pada cairan lainnya.

Sehingga pada masa haid banyak kaum wanita yang merasa sakit dan lemas. Para ahli medis menganjurkan agar ketika dalam keadaan haid, wanita banyak beristirahat dan mengkonsumsi makanan yang bergizi.

Seperti makan makanan kaya zat besi seperti bayam, daging-dagingan, dan ati ampela, makanan tinggi protein, contohnya telur dan ikan, makanan tinggi serat (sayur berdaun dan buah-buahan), dan sumber vitamin C yang membantu penyerapan zat besi dalam tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 − fourteen =

Shopping cart