Bacaan Doa Qunut Saat Sholat Witir

Tradisi membaca doa qunut di rakaat terakhir sholat witir banyak dilakukan masyarakat. Biasanya qunut ini mulai dibaca di pertengahan terakhir Ramadan.

Dream – Tidak terasa Ramadan 1442 Hijriah sudah mau memasuki hari ke-15. Setengah perjalanan lagi menuju hari kemenangan sudah kita lalui dengan suka cita. Di balik itu ada juga kesedihan karena bulan mulia ini akan segera berakhir.

Jelang hari kemenangan, sejumlah masjid di Indonesia memilik itradisi di setengah bulan terakhir Ramadan. Kebiasaan tersebut berupa membaca doa qunut di rakaat terakhir Sholat Witir. 

Bagi sebagian Muslim, baca doa qunut saat witir adalah sunah yang dianjurkan. Dikerjakan sangat baik namun jika ditinggalkan tetap sah sholatnya.

Dalam kajian fikih, anjuran membaca doa qunut diterapkan oleh Muslim penganut mazhab Syafi’iyyah.

Dalam pandangan mazhab ini, doa qunut sangat ditekankan dan apabila tidak dikerjakan maka diganti dengan sujud sahwi.

Doa qunut pada Salat Witir sama dengan doa qunut Subuh

 Doa qunut

Allahummahdini fiman hadait, wa ‘afini fiman ‘afait, wa tawallani fiman tawallait, wa barikli fima a’thaith, waqini syarrama qadhait, innaka taqdhi wa la yuqdha alaik, wainnahu la yadzillu man walait, wa la ya’izzu man ‘adait, tabarakta rabbana wa ta’alait.

Artinya,

” Ya Allah berilah petunjuk kepadaku sebagaimana orang-orang yang telah Engkau beri petunjuk, dan berilah keselamatan kepadaku sebagaimana orang-orang yang telah Engkau beri keselamatan, dan jagalah aku sebagaimana orang-orang yang telah Engkau jaga, berkahilah bagiku terhadap apa yang telah Engkau berikan, dan periharalah aku dari kejelekan yang telah Engkau tetapkan. Sungguh Engkaulah yang menetapkan dan tidak ada sesuatu yang ditetapkan bagi-Mu. Tidak ada orang yang dapat merendahkan orang yang telah Engkau beri kuasa, dan tidak ada yang memuliakan orang yang telah Engkau hinakan. Maha Suci Engkau Tuhan kami dan Engkau Maha Agung.”

Bacaan Doa Qunut Bahasa Arab, Latin, dan Terjemahannya

Dream – Doa Qunut termasuk dalam sunnah muakkad. Artinya sunnah yang sangat dianjurkan. Meskipun terdapat perbedaan kilafiyah, namun hal tersebut tidak perlu diperdebatkan.

Kata Qunut berarti patuh dalam mengerjakan. Doa qunut biasa dibaca pada rakaat kedua. Tepatnya di antara i’tidal dan sujud.

Sedangkan doa qunut subuh yang diajarkan Rasulullah SAW terdapat dalam hadis riwayat Imam An Nasa’i, Imam Abu Daud, dan Imam Tirmidzi.

Bacaan Doa Qunut

Bacaan Doa Qunut Arab

 Doa Qunut

Bacaan Doa Qunut Latin

Allahummah dini fi man hadait, wa ‘afini fiman ‘afait, wa tawallani fi man tawallait, wa barik li fi ma a’thait, wa qini syarra ma qadhait, fa innaka taqdhi wa la yuqdha ‘alaik, wa innahu la yazillu man wa lait, wa la ya’izzu man ‘adait, tabarakta rabbana wa ta’alait, fa lakal hamdu a’la ma qadhait, wa astagfiruka wa atubu ilaik, wa shallallahu ‘ala sayyidina muhammadin nabiyyil ummiyyi wa ‘ala alihi wa shahbihi wa sallam.

Artinya

” Ya Allah tunjukanlah aku sebagaimana mereka yang telah Engkau beri petunjuk. Berilah kesehatan kepadaku sebagaimana mereka yang telah Engkau berikan kesehatan. Peliharalah aku sebagaimana orang-orang yang telah Engkau lindungi. Berikanlah keberkahan kepadaku pada apa yang telah Engkau berikan. Selamatkanlah aku dari bahaya kejahatan yang telah Engkau tentukan. Engkaulah yang menghukum dan bukan dihukum. Tidak hina orang yang Engkau jadikan pemimpin. Tidak mulia orang yang Engkau musuhi. Maha Suci Engkau wahai Tuhan kami dan Maha Tinggi Engkau. Bagi-Mu segala pujian di atas apa yang Engkau tentukan. Aku memohon ampun kepada-Mu dan bertaubat kepada-MU. Semoga Allah mencurahkan rahmat dan karunia atas junjungan kami Nabi Muhammad SAW, keluarga, dan para sahabatnya.”5 dari 6 halaman

Tata Cara Doa Qunut

 Doa Qunut

Doa Qunut dilakukan ketika i’tidal (berdiri setelah ruku’) pada rakaat terakhir. Dan biasanya dilafadzkan setiap sholat Subuh.

Selama bulan Ramadhan, doa Qunut juga biasanya dilafadzkan saat rakaat terakhir dalam sholat witir.

Meskipun terdapat perbedaan kilafiyah oleh beberapa mazhab, namun hal tersebut tidak perlu menjadi perdebatan.

Manfaat dan Keutamaan Doa Qunut

 Qunut

  1. Memberikan petunjuk

Doa Qunut mengandung petunjuk. Dalam kalimat yang berbunyi “ Allahummahdinii fii man hadaiit”, yang bermakna permintaan seorang petunjuk kepada Allah SWT.

Petunjuk tersebut dapat berupa berbagai bentuk. Seperti meminta untuk diberikan ilmu yang bermanfaat atau petunjuk dalam melakukan kebaikan kepada sesama.

  1. Mendapatkan perlindungan dan keselamatan

Kalimat di dalam doa qunut “ Wa’aafinii fii man ‘afaiit”, bermakna memohon perlindungan dan keselamatan kepada Allah SWT.

Terutama ditengah wabah virus covid-19, hanya Allah SWT. sebaik-baik penolong tempat memohon perlindungan.

Ini juga berarti betapa Maha Pengasih Allah SWT. terhadap hamba-hambanya. Untuk itu mohonlah perlindungan dan keselamatan bukan hanya didunia namun juga di akhirat kelak.

  1. Mendapatkan berkah

Kalimat “ wabaariklii fiimaa a’thoiit”, yang bermakna memohon keberkahan atas segala nikmat yang telah diberikan.

Hal tersebut menjelaskan bahwa Allah SWT. selalu memberikan kebaikan dan keberkahan kepada setiap hambanya.

(Dilansir dari berbagai sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fifteen − 11 =

Shopping cart