Berapa Kali Sikat Gigi Ketika Puasa?

Haruskah lebih dari sekali?

Dream – Kesehatan gigi dan mulut jadi perhatian khusus kala puasa, termasuk Ramadan. Sebab, jika kesehatan gigi dan mulut tidak dirawat akan menimbulkan aroma tak sedap yang dapat mengganggu aktivitas Sahabat Dream serta beberapa masalah lain.

Banyak sekali permasalahan mulut yang kita temui di beberapa kasus. Gigi berlubang, muncul karang gigi, pengeroposan email gigi, dan gigi yang menguning.

Untuk menghindar dari permasalahan mulut, ada beberapa cara yang mudah dilakukan dan dijadikan kebiasaan sehari-hari. Mulai dari mengurangi konsumsi makanan manis, minuman yang mengandung kafein yang tinggi, mengurangi konsumsi makanan atau minuman panas, bahkan sampai dengan cara menyikat gigi yang baik dan benar.

Namun, Sahabat Dream bisa mengambil salah satu solusi yang paling mudah untuk mengatasi permasalahan mulut yaitu menyikat gigi yang baik dan benar.

Lalu, berapa kali sehari menyikat gigi saat puasa Ramadan?

Tidak ada ketentuan khusus. Lakukan seperti yang biasa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan dan kesegaran mulut. Bisa dua kali sehari, atau tiga kali sehari.

Yang pasti, jangan lupa untuk perhatiakn beberapa cara membersihkan gigi dan mulut seperti berikut ini:

Pemilihan sikat gigi

  • Pilih kepala sikat yang tidak terlalu besar untuk lebar mulut
  • Pilih kepala sikat yang memiliki ujung kecil di atasnya sebab akan lebih memudahkan menjangkau bagian terdalam gigi
  • Pilih gagang sikat yang nyaman digunakan

Pasta gigi

Pilihlah pasta gigi yang memiliki kandungan fluoride di dalamnya. Untuk kandungan bahan lainnya bisa disesuaikan dengan keinginan pribadi.

Bersihkan lidah

Cara menyikat lidah sama seperti cara menyikat gigi pada umumnya. Menyikat lidah juga harus menggunakan pasta gigi, dan sikatlah lidah kamu sampai pada ujung terdalam lidah.

Ujung terdalam lidah merupakan tempat yang mengandung banyak bakteri yang bersarang. Jangan terlalu kuat karena bisa terluka.

Cara Menyikat Gigi yang Baik dan Benar

  • Letakkan bulu sikat gigi pada permukaan gigi yang dekat dengan gusi hingga membetuk sudut 45 derajat
  • Sikatlah gigi kamu dimulai dari gigi geraham atas atau gigi paling belakang, lakukan gerakan melingkar dari atas ke bawah selama 20 detik
  • Sikat setiap bagian gigi, mulai gigi yang paling belakang hingga gigi yang paling depan dengan waktu 20 detik di setiap bagiannya
  • Untuk gigi terdepan, lakukan gerakan secara vertikal atau bisa juga dengan melakukan gerakan melingkar dari tepi gusi sampai atas gigi
  • Sahabat Dream bisa mengubah pola gerakan menyikat agar bagian-bagian yang terlewat bisa dijangkau sikat gigi
  • Bilas mulut dan sikat gigi sampai benar-benar bersih dengan air yang mengalir.

Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × 2 =

Shopping cart