Berburu Takjil di Pusat Jajanan Jakarta Jelang Buka Puasa

Ada beberapa titik yang pas buat ngabuburit di Ibu Kota, mana saja?

Dream – Di Indonesia terkenal istilah ngabuburit atau kegiatan meghabiskan waktu sambil menunggu berbuka puasa. Berbagai macam aktivitas dilakukan seperti membaca Alquran, mengikuti kajian, berburu takjil, hingga nongkrong bersama teman.

Begitu pula di Jakarta. Sejumlah ruang publik menjelma menjadi tempat nongkrong sambil menunggu waktu berbuka puasa.

Alhasil, banyak penjual makanan dadakan yang menyemut di sekitarnya. Kebiasaan ini menguntungkan bagi orang yang masih aktivitas di luar rumah.

Daripada mereka berbuka di dalam kendaraan umum, lebih baik menunggu sejenak di pusat takjil.

Berikut kawasan menarik yang menjadi pusat jajanan berbuka puas:

Masjid Sunda Kelapa

Masjid kuno yang terletak di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, ini mudah dikunjungi oleh pekerja kantoran. Masjid ini dekat Taman Untung Suropati yang biasanya dikunjungi orang saat ingin jogging atau jalan kaki sore.

Masjid Sunda Kelapa mempunyai lahan yang luas sehingga bisa menjadi tempat ngobrol santai atau belajar agama. Di depan Masjid tersebut banyak penjual makanan gerobakan dengan harga terjangkau.

Wisata Kota Tua

Wisata Kota Tua mempunyai banyak museum yang bisa dikunjungi sambil menunggu waktu buka puasa. Arsitektur bergaya Eropa juga menarik bagi fotografer yang ingin berburu foto.

Selain itu, deretan makanan ala dari yang murah hingga mahal bisa dinikmati. Pengunjung dapat menyantap makanan berbuka di Kedai Seni Djakarte dan Kafe Batavia. Bagi yang berdompet nyaris kosong, bisa berburu takjil di pedagang kaki lima sekitar Wisata Kota Tua.

Pusat Jajanan Blok S

Saat memasuki waktu berbuka puasa, Kamu bisa berkunjung di Pujasera Blok S ketika berada di area Senopati atau Pasar Santa. Di sini, banyak kuliner dijajakan untuk berbuka puasa seperti kolak, es buah, dan lain sebagainya. Tempat parkirnya pun cukup luas sehingga bisa menjadi tempat berkumpul bersama teman.

Pelataran Komplek Jatiwaringin Asri

Bagi warga Jakarta Timur, lokasi ini sudah tak asing lagi. Saat Ramadan tiba, Pelataran Komplek Jatiwaringin Asri menjadi pasar kaget yang menjajakan wisata kuliner dari sore hingga malam.

Makanan yang ditawarkan di sini pun beragam. Mulai dari martabak, chinese food, sate, dan masih banyak lagi. Takjil pembuka puasa seperti kolak dan bubur sumsum pasti ada di Pelataran Komplek Jatiwaringin Asri.

Pasar Benhil

Pasar Bendungan Hilir (Benhil) dikenal masyarakat sebagai pusat makanan. Lokasi ini menjadi semacam tujuan bagi pekerja kantoran area Jalan Sudirman untuk memanjakan lidah dan mencari hingan berbuka pusa.

Beraneka macam takjil dengan beragam olahan tersuguh di lapak-lapak. Harga yang terjangkau menjadikan tempat ini sebagai area favorit selepas pulang kerja.

Saat pandemi Covid-19 melanda, lokasi-lokasi ini tetap dikunjungi oleh para pemburu takjil meski tak seramai dulu. Jangan lupa terapkan protokol kesehatan kalau kamu berminat berkunjung ke sana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eleven − 7 =

Shopping cart