Bumbu Dasar Permudah Siapkan Menu Sahur dan Buka Puasa

Dengan bumbu dasar, memasak jadi lebih praktis dan santap sahur serta berbuka dapat tersaji dengan cepat.

Dream – Karena anjuran di rumah saja saat pandemi, kita jadi tak bisa keluar rumah. Sekadar belanja saja sulit, belum lagi banyaknya pekerjaan yang harus selesai.

Kita membutuhkan cara menghemat waktu dan tenaga saat menyiapkan menu sahur dan buka puasa. Buat saja bumbu dasar yang bisa diolah menjadi beragam makanan.

Bumbu dasar seperti bumbu putih, merah, dan kuning bisa Kamu buat dengan cara mudah. Ketiga bumbu ini menjadi dasar sejumlah menu rumahan.

Bumbu putih

Bumbu putih bisa diolah menjadi tumisan, nasi goreng, mi goreng, semur, bahkan opor. Bahan bumbu putih ialah bawang merah, bawnag putih, kemiri, lengkuas di Rajang halus, garam, dan gula pasir.

Jangan lupa minyak goreng untuk menumis semua bahan yang telah dihaluskan.

Bumbu Putih

Bumbu Merah dan Kuning

Bumbu merah

Bumbu merah identik dengan rasa pedas. Karena itulah, dasaran ini digunakan untuk menu balado, sambal goreng, ayam panggang, atau olahan pedas lainnya.

Bahan bumbu merah adalah cabai merah yang telah dibuang isinya, bawang merah, bawang putih, tomat, terasi, gula pasir, garam, dan minyak goreng untuk menumis. Tambahkan cabe rawit untuk cita rasa yang lebih pedas.

Bumbu Merah

Bumbu kuning

Bumbu kuning diperoleh dari campuran kunyit. Bahan ini menjadi dasar olahan ayam goreng, soto, kare, acar, nasi kuning, ayam bakar, atau ikan bakar.

Bahan bumbu kuning ialah kemiri, bawang putih, bawang merah, kunyit, jahe, lengkuas, lada bubuk, garam halus, gula pasir, dan minyak untuk menumis.

Cara Membuat

Cara membuat ketiga bumbu tersebut sama.

– Haluskan semua bahan dengan cara diulek atau diblender kecuali garam, gula, dan minyak.
– Panaskan minyak untuk menumis, tuang campuran bumbu yang sudah dihaluskan ke wajan.
– Masukkan gula sesuai selera, aduk merata
– Masukan garam halus sesuai selera, aduk.
– Setelah semua tercampur dan mendidih, angkat lalu dinginkan.
– Masukan ke toples, tutup rapat.

Bumbu ini bisa bertahan selama tiga bulan bila disimpan di pendingin lemari es. Kini, menyiapkan menu sahur dan berbuka puasa menjadi lebih mudah setelah ada bumbu dasar.

Bumbu Kuning

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

10 − nine =

Shopping cart