Cara Agar Bisa Khatam Quran Selama Ramadan, Insya Allah Terwujud

Semua orang pasti berharap minimal bisa mengkhatamkan Quran 30 juz selama bulan Ramadan. Memerlukan tekad dan kebulatan hati, kamu sebetulnya bisa melakukannya asal tahu caranya. 

Dream – Bulan Ramadan banyak dimanfaatkan umat muslim untuk memperbanyak ibadah sunnah. Salah satu amalan yang makin gencar di bulan suci ini adalah membaca Alquran.

Ramadhan merupakan bulan penuh hikmah. Salah satu keutamaan bulan Ramadhan adalah bulan diturunkannya Alquran kepada Nabi Muhammad SAW. Jika umat Islam membaca Alquran di bulan Ramadhan maka mereka akan memperoleh pahala berlipat ganda.

Salah satu kemuliaan Ramadan adalah Allah akan melipatgandakan pahala sebanyak tiga kali di bulan Ramadhan. Bahkan salah satu imam mazhab Islam, Imam Sayfi’i, berhasil mengkhatamkan Alquran sebanyak 60 kali selama bulan suci Ramadhan.

Keistimewaan Khatam Al-Quran Bagi Umat Muslim

Sejak awal puasa, hampir semua orang Islam berharap bisa menyelesaikan sebulan berpuasa dengan mengkhatamkan Quran. Perkiraan mereka, dengan menyelesaikan satu juz per hari bisa mengkhatamkan Quran di malam Takbiran.

Dilansir The Islamic Information, banyak cara mudah untuk mengkhatamkan Alquran di bulan Ramadhan.

Biasanya seseorang akan membaca Alquran dalam satu waktu saja dengan durasi yang cukup lama. Metode ini biasanya membuat kita kelelahan. Bahkan mungkin saja cara sekali duduk seperti itu justru tidak akan membantumu mengkhatamkan Alquran sesuai target.

Untuk mengkhatamkan Alquran dengan mudah tanpa merasa kelelahan, sekaligus mengisi waktu kita selama #dirumahsaja untuk beribadah, berikut cara mudah mengkhatamkan Alquran selama bulan Ramadhan.

Alquran kebanyakan memiliki kurang lebih 600 halaman. Nah, jika kamu membaginya dengan 30 hari, kamu hanya perlu membaca Alquran sebanyak 20 halaman setiap harinya.

Dari 20 halaman itu dibagi dengan 5 yang merujuk pada waktu sholat. Sehingga setiap sebelum atau selesai sholat kamu bisa membaca Alquran cukup 4 halaman saja.

Insya Allah jika kamu konsisten dengan rencana di atas, keinginan agar bisa khatam Quran sepanjang Ramadan bisa terwujud. 

Begitu pula jika kamu ingin mengkhatamkan Alquran sebanyak dua atau tiga kali selama Ramadhan. Tinggal dikalikan saja jumlah halaman yang harus dibaca setiap hari dengan 8 halaman setiap selesai sholat.

Semoga kamu bisa mewujudkan harapan mengkhatamkan Quran tahun ini ya? Terlepas daari target tercapai atau tidak, hal terpenting dari Ramadan adalah upaya kita untuk meningkatkan ibadan baik yang wajib maupun sunnah selama bulan barokah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × five =

Shopping cart