Cara Asyik Bikin Rumah Tetap Bersih dan Rapi selama Ramadan

Rumah yang bersih bikin ibadah terasa nyaman dan khusyuk.

Dream – Banyak aktivitas yang dilakukan di dalam rumah selama bulan Ramadan. Apalagi di tengah pandemi Covid-19 yang menyarankan untuk lebih banyak menjalankan aktivitas di rumah saja.

Semua kegiatan ibadah seperti berbuka puasa, makan sahur, mengaji Alquran, sholat berjemaah, dan lain sebagainya tak perlu dilakukan di luar rumah jika tidak terpaksa. Tentu merasa nyaman saat beribadah di rumah dalam kondisi bersih.

Apalagi Nabi Muhammad SAW pernah bersabda bahwa kebersihan adalah bagian dari iman. Karena itu kita perlu menjaga rumah tetap bersih dan rapi di sela-sela kegiatan beribadah bersama.

Saat puasa memang energi tak sebanyak biasanya. Kamu perlu tips membersihkan dan merapikan rumah tanpa banyak buang tenaga selama bulan Ramadan.

Letakkan kembali ke tempat semula

Cara paling mudah membuat rumah rapi ialah segera meletakkan barang ke tempat semula setelah digunakan. Jangan sampai malas membiarkan barang berserakan setelah digunakan karena akan menambah pekerjaan baru.

Meletakkan barang sesuai tempatnya juga mempermudah kita menemukan barang saat diperlukan. Terutama untuk barang penting tapi berukuran kecil seperti dompet, kunci, yang saat Kamu lupa menaruh akan kerepotan mencarinya.

Alih-alih menjadi lebih rapi, mencari barang kecil biasanya menyebabkan rumah berantakan setelah bongkar perabotan.

 3 Inspirasi Dekorasi Rumah buat Belajar & Bekerja, Pasti Betah

Lakukan hal ringan sesering mungkin

Saat ada noda di lantai atau tempbok, segera bersihkan sebelum mengendap dan susah dihilangkan. Noda membandel yang telah mengering akan sulit dihilangkan dibanding saat masih baru.

Begitu pula dengan piring cucian atau baju kotor. Segera cuci saat masih sedikit karena biasanya orang akan malas bila telah menumpuk. Ini tentu membuat rumah semakin tak rapi.

Buang barang yang tak dibutuhkan

Biasanya kita sayang membuang barang yang tak dibutuhkan dengan alasan penuh kenangan. Jika barang-barang itu sudah tak digunakan selama 6 bulan, buang saja. Dengan demikin, rumah terlihat lebih lapang dan rapi.

Kalau kondisi masih bagus dan layak pakai, Kamu menyedekahkan ke orang yang membutuhkan. Apalagi, pahala sedekah di bulan Ramadan lebih berlipatganda dibandingkan bulan biasa.

Perlancar sirkulasi ruangan

Saat pagi hari setelah sholat subuh, buka saja jendela agar udara segar di pagi hari bisa masuk. Menginjak siang hari, cahaya matahari yang mampu membunuh virus dan kuman jahat dapat masuk ke kamar maupun ruang tamu.

Sirkulasi udara dan cahaya matahari yang lancar keluar masuk membuat ruangan lebih lapang. Kita pun lebih sehat meski berpuasa di dalam rumah.

 3 Inspirasi Dekorasi Rumah buat Belajar & Bekerja, Pasti Betah

Libatkan orang rumah

Bila sudah berkeluarga, libatkanlah orang rumah untuk bersih-bersih rumah. Berikan tugas sesuai kemampuan. Misalnya si kecil bertugas menyapu, suami bertugas mencuci piring, istri bertugas mengepel lantai. Cara ini membuat anggota keluarga mempunyai rasa tanggung jawab atas kerapian dan kebersihan rumah.

Memakai peralatan hanya saat dbutuhkan

Minimalisir penggunaan alat rumah tangga saat dibutuhkan. Tujuannya agar tak menggunakan alat berlebihan yang bisa membuat ruangan menjadi kotor dan berantakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fifteen − nine =

Shopping cart