Cara Hilangkan Cegukan Tanpa Batalkan Puasa

Biasanya kita menghilangkan cegukan dengan minum air. Namun, bagaimana menghilangkan cegukan saat puasa?

Dream – Cegukan memang sangat mengganggu. Cegukan bisa terjadi karena otot-otot diafragma, yang berbentuk seperti kubah dan tersekat di antara ulu hati dan atas perut, mengalami kontraksi dan kejang.

Otot yang berkontraksi memaksa udara masuk ke tenggorokan dan dipaksa masuk ke kotak suara sehingga membuat pita suara kamu secara tiba-tiba menutup. Penutupan pita suara tersebut menyebabkan suara ‘hik’ saat cegukan.

Penyebab cegukan saat puasa bisa berbagai macam, antara lain makan terlalu banyak ketika sahur, makan terlalu cepat ketika sahur, minum bersoda ketika sahur, banyak menelan udara, dan perubahan suhu yang mendadak.

Kita biasanya minum untuk menghentikan cegukan. Namun bagaimana bila kita cegukan saat puasa seperti Ramadan kali ini?

Tentu tidak bisa menghilangkannya dengan minum air karena bisa membatalkan puasa. Selama puasa kita memang tidak boleh makan maupun minum.

Tapi tenang saja, kita tetap bisa cepat menghilangkan cegukan meski tidak minum air. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan cegukan tanpa harus membatalkan puasa.

Berikut ini lima cara menghilangkan cegukan dengan mudah tanpa harus minum, yang bisa membatalkan puasa:

1. Tahan Napas

Tahan napas beberapa detik. Cara ini paling popular dan bisa dilakukan tanpa membatalkan puasa Ramadan.

Caranya:

Hirup napas dalam-dalam lewat hidung. Tahan sepuluh detik.

Embuskan perlahan melalui mulut.

Ulangi tiga sampai empat kali.

Ulangi langkah tersebut setiap 20 menit apabila cegukan tak kunjung sembuh.

2. Duduk Sambil Peluk Lutut

Cegukan juga bisa dikurangi dengan duduk memeluk lutut. Cara ini juga tidak membatalkan puasa.

Caranya:

Duduk dengan kedua kaki ditekuk ke atas. Peluk lutut dengan mencondongkan badan ke depan. Tahan selama dua menit. Posisi ini memberi tekanan pada area diafragma, sehingga udara yang terjebak di dalam akan keluar.

3. Pijat Pembuluh Darah di Leher

Memijat pembuluh darah arteri karotis, yang berada di samping leher, bisa mengatasi cegukan saat puasa. Arteri karotis berfungsi mengantarkan darah ke otak dan kepala. Apabila disentuh, denyut nadi di leher akan terasa.

Cara ini cukup mudah. Berbaringlah di sofa atau tempat tidur. Putar kepala ke kiri dan pijat pembuluh darah di kanan leher dengan gerakan memutar. Lakukan selama lima hingga sepuluh detik.

4. Pijat Telapak Tangan

Selain pembuluh darah di leher, cegukan juga bisa disembuhkan dengan memijat telapak tangan. Tekan telapak tangan dengan ibu jari. Kita juga bisa menekan telapak tangan bagian bawah ibu jari, tepatnya di antara ibu jari dan telunjuk.

5. Menarik Lidah

Cara ini bisa dilakukan jika empat cara di atas belum mampu mengatasi cegukan. Cobalah menarik lidah karena lidah yang ditarik dapat membantu merangsang saraf di tenggorokan. Pegang ujung lidah menggunakan tangan yang bersih dan tarik perlahan ke depan sebanyak dua kali

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × 1 =

Shopping cart