Cara Menyambut Lailatul Qadar di Rumah Bersama Keluarga

Sejak pandemi Covid-19, banyak orang yang belum berani keluar rumah, termasuk beritikaf di masjid.

Dream – Tahun-tahun sebelum pandemi Covid-19, banyak umat Islam menghabiskan malam di sepuluh hari terakhir bulan Ramadan untuk beritikaf di masjid-masjid. Banyak yang berharap berjumpa Lailatul Qadar.

Maklum, Lailatul Qadar merupakan malam yang mulia. Ibadah pada Lailatul Qadar disebut lebih baik dari seribu bulan. Sehingga, banyak Muslim berlomba-lomba mempertebal ibadah, terutama dengan beritikaf di masjid pada malam sepuluh hari terakhir bulan Ramadan.

Kini, masjid-masjid sebenarnya sudah mulai dibuka untuk masyarakat Muslim yang hendak beritikaf. Tentu dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat untuk mencegah penularan virus corona.

Meski demikian, mungkin masih banyak di antara kita yang masih ragu dan takut keluar rumah untuk beritikaf di dalam masjid dengan banyak jemaah. Jika demikian, kita bisa melakukan ibadah di rumah untuk menyambut Lailatul Qadar bersama keluarga.

Menyambut Lailatul Qadar di rumah bersama keluarga menjadi pilihan tepat bagi kita yang ingin lebih aman dari penularan Covid-19. Sebab, beribadah bisa dimana saja, asal dilakukan sesuai syariat dan khusyuk.

Apalagi, beribadah di rumah bisa kita lakukan bersama keluarga. Berikut ini ibadah yang bisa dilakukan bersama keluarga untuk menyambut Lailatul Qadar.

1. Tarawih

Tarawih tidak harus dilakukan di masjid maupun mushola. Solat sunah tarawih juga bisa kita lakukan di rumah bersama keluarga.

Kita bisa memilih kakek, ayah, atau kakak laki-laki sebagai imam. Pilih yang paling fasih bacaan Alqurannya dan usia lebih tua. Setelah tarawih, bisa diisi dengan tausiyah.

Tarawih bersama keluarga bisa dilakukan dengan khusyu, menjadi amalan bermakna saat menyambut Lailatul Qadar di rumah.

2. Tadarus Alquran

Selain tarawih, kita bisa melakukan tadarus bersama. Kita bisa membaca Alquran bersama-sama maupun bergantian. Membaca Alquran memang dianjurkan saat bulan Raamdan, apalagi di saat Lailatul Qadar.

3. Zikir

Saat Lailatul Qadar memang dianjurkan memperbanyak zikir. Tak harus di masjid, zikir juga bisa dilakukan di rumah. Zikir bisa dilakukan sendiri-sendiri maupun bersama keluarga secara berjemaah. Setelah itu, zikir bisa dilanjutkan dengan doa bersama keluarga.

4. Sholat Malam

Melaksanakan sholat malam juga baik saat Lailatul Qadar. Kita bisa bersama-sama melakukan sholat tajahud di rumah.

Demikian beberapa amalan yang bisa dilakukan di rumah untuk menyambut Lailatul Qadar. Meski tidak bisa itikaf di masjid, mudah-mudahan amal ibadah kita menjadi ladang pahala bagi kita dan keluarga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seventeen − 5 =

Shopping cart