Dahsyatnya Amalan Sedekah yang Rutin Diberikan Saat Ramadan

Sedekah membawa banyak dampak baik bagi kita, apalagi di bulan Ramadan.

Dream – Ramadan adalah bulan yang penuh berkah. Setiap amal ibadah diberikan ganjaran berlipat ganda dibandingkan hari biasanya. Sekecil apapun perbuatan baik akan terhitung sebagai pahala. Hal ini termasuk memberi makan orang saat berbuka puasa.

Pahalanya setara dengan orang yang berpuasa. Jadi, pahala bagi pemberi makan dua kali lipat jika ia juga sedang menjalankan ibadah puasa.

Selain itu, memberikan makan kepada orang yang berbuka puasa juga bagian menjalin ukhuwah Islamiyah. Silaturahmi antara pemberi dan penerima diharapkan terjalin sampai Ramadan berakhir.

Berikut ini keutamaan bersedekah di Bulan Ramadan.

Mendapatkan pahala orang yang berpuasa

Perempuan yang dalam keadaan haid atau orang yang tak bisa berpuasa karena sakit keras, masih bisa mendapatkan pahala berpuasa. Caranya dengan memberi makan orang yang berbuka.

Dalam hadis riwayat Tirmidzi, dari Zaid bin Khalid Al-Juhani radhiyallahu ‘anhu, berkata Rasulullah Muhammad SAW bersabda,

Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.

 Sedekah

Jalan ke surga

Memberi makan orang yang berbuka puasa bisa menjadi jalan menuju surga. Orang yang memberi makan telah diberikan kamar di surge seperti yang disampaikan dalam hadis Nabi Muhammad SAW diriwayatkan Tirmidzi.

Dari Ali ra berkata, Nabi Muhammad saw bersabda, ” Sesungguhnya di surga terdapat kamar-kamar yang mana bagian luarnya terlihat dari bagian dalam dan bagian dalamnya terlihat dari bagian luarnya.” Lantas seorang Arab Baduwi berdiri sambil berkata, ” Bagi siapakah kamar-kamar itu diperuntukkan wahai Rasululullah?” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, ” Untuk orang yang berkata benar, yang memberi makan, dan yang senantiasa berpuasa dan shalat pada malam hari di waktu manusia pada tidur.”

Menuju ridho Allah SWT

Memberi makan orang yang berbuka puasa tanpa mengharapkan balas imbalan apapun, akan mendapatkan ridho Allah SWT. Apalagi bila disertai dengan ikhlas beribadah puasa dan sholat tanpa mengharapkan imbalan lain.

Ibnu Rajab Al-Hambali rahimahullah dalam Lathaif Al Ma’arif menyatakan demikian.

” Puasa, sholat dan sedekah mengantarkan orang yang mengamalkannya pada Allah. Sebagian salaf sampai berkata, ‘Sholat mengantarkan seseorang pada separuh jalan. Puasa mengantarkannya pada pintu raja. Sedekah nantinya akan mengambilnya dan mengantarnya pada raja.”

 Sedekah

Harta semakin berkah

Memberi makan orang yang berbuka puasa merupakan bentuk dari sedekah. Ibadah ini menjadi bagian dari syukur atas rezeki yang diberikan Allah SWT. Sedekah tak mengurangi harta si pemberi melainkan justru menambah berkah harta yang ia miliki.

Seperti sebuah hadis Rasulullah SAW, diriwayatkam Muslim.

Sedekah tidaklah mengurangi harta.

Jadi, kita tak perlu ragu memberikan makanan untuk orang yang berbuka puasa mengingat manfaat yang bisa diperoleh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 − 6 =

Shopping cart