Dianjurkan Tak Mengganti Puasa Ramadan di Hari Jumat, Kenapa?

Hari jumat ternyata memiliki kelebihan dibandingkan hari-hari lainnya. Inilah yang menyebabkan seorang muslim dianjurkan tak menjalankan puasa di hari tersebut 

Dream – Puasa Ramadan yang merupakan fardlu ‘ain bagi setiap muslim wajib diganti ketika umat Muslim berhalangan atau meninggalkan kewajiban itu. Puasa pengganti tersebut, yang dikenal dengan istilah qadha atau utang, bisa ditunaikan kapan saja mulai Syawal hingga Sya’ban.

Tetapi, ada satu hari yang kedudukannya setara dengan Idulfitri dan Idul Adha yaitu Jumat. Seorang Muslim dianjurkan tidak melaksanakan puasa tanpa uzur pada Jumat.

Lantas, bagaimana jika ingin membayar uang puasa Ramadan pada hari Jumat?

Dikutip dari Konsultasi Syariah, dalam hadis riwayat Thabarani dari Ibnu Abbas RA, Rasulullah Muhammad SAW bersabda,

” Ini (Jumat) adalah hari Id yang dijadikan Allah SWT untuk kaum Muslimin.” 

Hadis di atas menjadi dasar para ulama menyatakan makruh hukumnya puasa pada Jumat. Hukum ini berlaku jika sebelum atau setelah Jumat tidak ada puasa, berdasarkan hadis riwayat Bukhari dari Abu Hurairah RA.

Rasulullah SAW bersabda, ” Janganlah kalian puasa hari Jumat melainkan puasa sebelum atau sesudahnya.” 

Hadis ini memuat ketentuan untuk puasa sunah boleh dijalankan pada Jumat apabila sudah ada puasa sehari sebelum atau sesudahnya.

Terkait puasa qadha, ketentuannya boleh dilakukan jika baru sempat dilaksanakan di hari Jumat. Juga bukan sedari awal diniatkan melaksanakan qadha puasa di hari Jumat.

4 Resep dan Cara Membuat Camilan Sehat Lebaran yang Praktis, Lezat dan Nikmat

Dream – Tak terasa sebentar lagi kita akan menyambut Lebaran ya Sahabat Dream. Meskipun Idul Fitri tahun ini akan terasa sedikit berbeda, kita tetap bisa menyambut dengan perasaan gembira dan tak lupa bersyukur. Jangan lupa juga untuk tetap di rumah agar ikhtiar kia untuk mengurangi penyebaran virus corona bisa terlaksana. 

Bagi kamu yang menghabiskan waktu lebaran hanya di rumah saja dengan berkumpul bersama keluarga hal ini tentu menjadi momen me time yang membahagiakan. Tapi ingat ya, saat Idul Fitri bukannya waktu pembalasan setelah sebulan kita menahan makan dan minum di siang hari. Biasanya banyak orang upa diri saat mengonsumsi makanan berlemak dan mengandung gula tambahan.

Untuk menjaga tubuh tetap sehat, kamu perlu menyediakan camilan sehat untuk lebaran di rumahmu ya Sahabat Dream. Jangan sampai makanan yang kamu makan pasca Ramadhan ini membuat kolesterolmu dan gula darahmu naik.

Dilansir dari Hallo Sehat, inilah 4 resep camilan sehat untuk lebaran di rumah saja yang praktis namun tetap nikmat. Yuk kita intip resep dan cara membuatnya di bawah ini.

Resep Kukis Oat Madu


Ilustrasi

Resep camilan sehat untuk lebaran yang pertama adalah Kukis Oat Madu. Kukis sudah biasanya menjadi camilan yang umum saat lebaran. Sementara oat, mengandung antioksidan dan serat beta-glukan.

Antioksidan dari oat berfungsi menangkal radikal bebas sehingga membantu mencegah peradangan di dalam tubuh kamu. Dilansir dari Healtline, serat yang ada di dalam oat ini dapat menurunkan kadar kolesterol jahat.

Selain itu oat juga memiliki sifat yang mengenyangkan dan membantu kerja hormon insulin. Sehingga camilan kukis oat madu inin bisa menjaga kesehatan tubuh kamu selama lebaran. Ingin tahu bagaimana cara membuatnya? Yuk simak di bawah ini.

Bahan yang kamu butuhkan:

  • 3 sdm mentega
  • ½ cangkir gula coklat
  • ¼ cangkir gula merah
  • 1 butir telur ayam
  • 1 sdm air
  • ½ cangkir tepung gandum utuh
  • ½ sdt garam
  • ¼ sdt baking soda
  • 1½ cangkir oat (jenis rolled oats)
  • Cincangan kurma atau butiran kismis secukupnya

Cara membuatnya adalah sebagai berikut:

  1. Panaskan oven hingga 160 derajat celcius, oleskan loyang dengan margarin. Sisihkan. Gunakan mixer untuk mencampur mentega, gula merah, madu, telur, dan air.
  2. Masukan bahan kering yakni oat. Kemudian aduk hingga rata beserta bahan tambahan lainya yang ditinggal dalam ruangan.
  3. Cetak kue berbentuk bulat pipih dengan menepuk-nepuk sendok ke atas kue.
  4. Panggang selama 12-15 menit dalam oven.Kukis Lebaran kamu siap dihidangkan untuk sajian sendiri selama di rumah saja.

Kukis Kacang Mete Kurma


Ilustrasi

Kue kering sudah seeprti menjadi camilan wajib saat lebaran. Akan tetapi, kue kering ini cenderung memiliki kandungan lemak dan gula yang tinggi, tentu saja hal ini tidak baik untuk kesehatan kamu.

Tapi jangan khawatir Sahabat Dream, karena kamu bisa membuat kue kering yang sehat namun tetap nikmat. Yaitu kukis kacang mete kurma. Kukis kacang mete kurma ini rendah gula dan juga lemak lo guys. Dan satu adonan saja, kamu bisa menghasilkan sekitar 15 buah kue kering kukis.

Penasaran bagaimana cara membuatnya? Mari kita simak di bawah ini:

Bahan yang kamu butuhkan:

  • 1 cangkir kurma
  • 1 cangkir kacang mete
  • 1 butir telur
  • 1 sdt ekstrak vanilla
  • ? sdt ekstrak almond
  • 1 sdt chia seeds
  • ¼ sdt baking soda
  • ¼ sdt garam

Bagaimana cara membuatnya? Yuk kita intip sama-sama di bawah ini:

  1. Rendam kurma dan kacang mete dalam air panas selama 10 menit. Tiriskan, panaskan oven hingga 176 derajat celcius. Lapisi loyang yang akan digunakan dengan almunium foil. Sisihkan.
  2. Masukan kurma ke food processor dan haluskan hingga 30 detik. Kemudian masukan kacang mete, blender lagi hingga merata. Kemudian masukan telur, dan semua ekstrak, chia seeds, baking soda, dan garam.
  3. Blender lagi semuanya tekstur adonan akan padat.
  4. Kemudian cetak kue letakan di atas loyang yang sudah dilapisi. Kue yang dicetak dibentuk pipih. Beri jarak antara satu kukis dengan kukis lainnya.
  5. Panggang selama 9-12 menit.
  6. Kemudian angkat, diamkan kukis di atas loyang selama kurang lebih 2 menit sebelum dipindahkan ke dalam toples.
  7. Kukis siap disajikan saat lebaran di rumah saja bersama keluarga tercintamu, Sahabat.

Pudding Stroberi Sehat dan Lezat


Ilustrasi

Selain kue kering, kamu juga bisa membuat camilan untuk lebaran dari pudding loh guys. Salah satunya adalah pudding stroberi. Membuatnya pun juga sangat mudah sekali Sahabat.

Pudding stroberi ini kaya vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan tubuh. Cocok sekali bukan pudding stroberi ini sebagai camilan saat lebaran?

Bahan-bahan yang harus kamu siapkan terlebih dahulu:

  • 2 cangkir susu almond.
  • ¼ cangkir madu.
  • ½ cangkir chia seeds.
  • 450 grm stroberi segar.

Cara membuat:

  1. Blender susu almond dan stroberi sampai lumat.
  2. Tuangkan pada mangkuk.
  3. Masukan chia seeds, madu, dan ekstrak vanili kemudian aduk rata.
  4. Tutup mangkuk dengan plastik, dinginkan dalam kulkas selama 4 jam.
  5. Beri potongan buah segar di atas puding sebelum disajikan.
  6. Puding siap disajikan selagi dingin. Selamat mencoba!

Salad Buah Segar


Ilustrasi

Tidak hanya cocok saat menu buka puasa, salad buah segar juga cocok kamu jadikan rekomendasi camilan saat lebaran di rumah saja loh ya.

Salad buah segar akan membuat hari lebaranmu menjadi lebih fresh. Salad buah ini adalah salah satu camilan sehat untuklebaran. Buah-buahan mengandung gula yang alami, vitamin, mineral, dan serat yang dibutuhkan tubuh untuk beraktivitas.

Buah yang kamu makan berfungsi baik sebagai penetralisir makanan tinggi lemak dan tinggi gula yang mungkin sudah masuk ke dalam perut kamu. Nah ini nih cara membuat salad buah segar praktis dan tetap lezat di lidah.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 2 cangkir yogurt plain.
  • 2 sdm madu asli.
  • ½ sdt ekstrak vanilla.
  • ½ buah jeruk, diambil air perasannya.
  • 1 buah pisang, dipotong-potong.
  • 1 cangkir buah stoberi, belah jadi dua.
  • Potongan buah melon secukupnya.
  • Beberapa butir buah anggur hijau atau ungu, belah jadi dua.

Cara membuatnya:

  1. Campurkan yogurt, madu, ekstrak vanili, dalam mangkuk. Sisihkan.
  2. Ambil mangkuk, isi dengan potongan pisang, perasan jeruk, stroberi, anggur, melon, dan buah lain kesukaan Anda yang ingin Anda masukkan. Aduk rata semua buah.
  3. Kemudian masukan campuran yogurt ke atas mangkuk buah.
  4. Hidangkan selagi dingin agar lebih segar untuk camilan sehat selama lebaran.

Itulah 4 resep camilan sehat untuk lebaran yang praktis, lezat dan nikmat menemanimu lebaran di rumah saja. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 − seven =

Shopping cart