Doa Makan Sahur Saat Berada di Perjalanan

Sahur di perjalanan akan sangat berbeda rasanya dibandingkan dengan di rumah.

Dream – Tak semua umat Islam beruntung bisa berbuka dan sahur di rumah. Ada pula yang terpaksa menjalankan puasa di perjalanan sehari semalam.

Tentu rasanya berbeda dibanding saat di rumah saja. Saat berbuka puasa di jalanan, kita tak kesulitan mendapatkan makanan yang bisa disantap karena banyak penjual atau toko yang masih beroperasi di sepanjang jalan.

Sedangkan saat sahur, orang lebih kesulitan mencari makanan yang tepat karena jarang ada warung makan buka dini hari.

Alhasil, orang jarang bisa makan sahur dengan nutrisi dan gizi tercukupi. Terlebih lagi, waktu yang terbatas membuat musafir makan shur dengan tergesa-gesa.

Ketika harus sahur di tengah perjalanan, orang dianjurkan membaca doa tertentu. Rasulullah SAW mengajarkan doa yang bisa dibaca saat di perjalanan. Hadis ini diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Abu Hurairah.

Doa Sahur dalam Perjalanan

 Doa sahur dalam perjalanan

Samma’a sami’un bihamdillah wa husni balaihi ‘alaina rabbana shohibna wa afdhil ‘alaina ‘aizan billahi minan nari.

Artinya,

” Semoga ada yang mendengar yang menyampaikan pujian kepada Allah, dan cobaa-Nya yang baik kepada kami. Wahai Tuhan kami, lindungilah kami dan berilah kami karunia dengan berlindung kepada Allah dari api neraka.”

Jadi, jangan berkecil hati saat melakukan perjalanan sahur di perjalanan. Semoga puasa selanjutnya bisa dapat menyantap makan sahur dan berbuka puasa di rumah bersama keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

11 + 10 =

Shopping cart