Doa Rasulullah di 10 Malam Terakhir Ramadan, Yuk Diamalkan

10 malam terakhir adalah puncaknya Ramadan,

Dream – Mulai tanggal 3 Mei 2021 nanti, kita memasuki 10 malam terakhir di bulan Ramadan 1442 H. Waktunya dimulai ketika Maghrib tiba.

Artinya, kita telah melewati dua per tiga Bulan Suci. Tinggal sepertiga terakhir sebelum menyambut Hari Raya Idul Fitri.

Di sepuluh malam terakhir Ramadan, umat Islam dianjurkan untuk semakin giat memperbanyak aktivitas ibadah. Sholat malam sangat dianjurkan sebagai upaya memohon ampunan dan dipermudah usaha.

Iktikaf di masjid juga dianjurkan untuk merenungi perjalanan sekaligus menyukuri anugerah Allah SWT. Ibadah malam ini bertujuan untuk mendapatkan malam istimewa yang jatuh sekali dalam setahun, Lailatul Qadar.

Saking istimewanya malam ini, nilai setara dengan seribu bulan.

Sayangnya, dua tahun terakhir ini kita sulit melakukan iktikaf di masjid karena adanya pandemi Covid-19, namun masih bisa melakukan sholat malam di rumah.

Tak usah bersedih, amalan lain bisa dilakukan misalnya mengucapkan doa khusus yang dilantunkan oleh Rasulullah Muhammad SAW.

Doa Nabi Muhammad ini diajarkan kepada istrinya, Aisyah RA, seperti yang tercantum dalam hadis riwayat Tirmidzi dan Ibnu Majah.

Doa Rasulullah Sambut Lailatul Qadar

 Doa lailatul qadar

Allahumma innaka ‘afuwwun karim tukhibbul ‘afwa fa’fu ‘anni.

Artinya

” Ya Allah, Engkau adalah Maha Pemaaf dan mencintai orang yang meminta maaf, maafkanlah aku.”

Doa Diberi Makanan Berbuka Puasa oleh Orang Lain

Dream – Berbuka puasa waktu yang dinantikan umat Islam. Karena di waktu ini ada banyak keberkahan.

Kita bisa mendapatkan berkah dari ibadah yang sudah kita lakukan. Berkah lainnya, kita bisa bersantap makanan berbuka yang lezat.

Berbuka puasa juga dinantikan banyak pemberi sedekah. Sebab, sedekah mereka bernilai pahala yang begitu luar biasa besar.

Orang yang bersedekah dengan menyiapkan makanan berbuka, maka dijamin dengan pahala setara orang berpuasa. Sedangkan bagi penerima, mendapatkan makanan berbuka merupakan berkah yang begitu indah.

Jika kita mendapatkan makanan berbuka dari orang lain, balas kebaikannya dengan membacakan doa ini.

Doa Untuk Pemberi Makanan Berbuka Puasa

 Doa Dikasih Makanan

Allahumma aktsir malahu wa barik lahu fima a’thoitahu wa yassir lahu ayyaf’ala fihi khoiran wa qonni’hu fima a’thoitahu waj’alna wa iyyahu minasy syakirin.

Artinya,

” Ya Allah, perbanyaklah hartanya, berkahilah rezeki yang Engkau berikan padanya, mudahkanlah dia melakukan kebaikan dengan rezeki tersebut, berilah kelapangan hati padanya agar menerima rezeki yang Engkau berikan, jadikanlah kami dan dia bagian dari orang-orang yang bersyukur.”5 dari 6 halaman

Doa Buka Puasa Lengkap Bahasa Arab, Latin, dan Terjemahannya

Dream – Puasa adalah menahan diri dari berbagai hal yang dapat membatalkannya, seperti makan, minum, hingga melakukan hubungan suami-istri.

Puasa dimulai dari masuk waktu subuh hingga terbenamnya matahari atau biasa disebut dengan waktu berbuka puasa.

Berikut ini bacaan doa untuk berbuka puasa:

Doa Berbuka Puasa yang Umum Diucapkan

Saat berbuka, sebagian besar umat Islam, khususnya di Indonesia, terbiasa membaca doa dengan lafal:

 Doa buka puasa

Allahumma laka shumtu wa bika amantu wa’ala rizqika afthartu. Birrahmatika yaa arhamar roohimin.

Artinya:

” Ya Allah, untukMu aku berpuasa, dan kepadaMu aku beriman, dan dengan rezekiMu aku berbuka. Dengan rahmatMu wahai yang Maha Pengasih dan Penyayang.” (HR Bukhari dan Muslim).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eleven − four =

Shopping cart