Doa Selesai Sikat Gigi Setelah Makan Sahur

Lafalkan doa ini jangan sampai lupa, ya.

Dream – Aktivitas yang nggak boleh dilewatkan dalam rangkaian berpuasa adalah sikat gigi. Jika kamu melewatkan hal itu, pasti rasa percaya diri terjun bebas.

Rongga mulut dan produksi air liur yang berkurang akibat tidak adanya makanan dan minuman menyebabkan aroma tak sedap pada mulut.

Nggak mau dong, saat ngobrol dengan lawan bicara ditemani dengan aroma tak sedap itu?

Untuk itu, pastikan kamu membersihkan mulut dari sisa-sisa makanan baik usai makan malam atau pun sahur. Jika tidak, jangan heran jika bakteri sisa makanan bakal menyerang mulut Sahabat Dream.

Dalam Islam terdapat ajaran mengenai bersih diri yaitu thaharah. Ajaran ini dilakukan dalam berbagai cara seperti wudhu, mandi dan lain sebagainya.

Bersih sebagian dari iman

Salah satu bagian tubuh yang harus dijaga kebersihannya adalah gigi. Tak hanya membuat gigi putih dan menghilangkan bakteri dan bau tak sedap, menggosok gigi sangat dianjurkan untuk kesehatan mulut.

Termasuk saat Ramadan yang erat kaitannya dengan kesehatan serta kesegaran mulut.

Gosok gigi merupakan salah satu kebiasaan Rasulullah Muhammad SAW. Sang Nabi begitu rutin bersiwak hingga diceritakan dalam riwayat giginya sangat putih dan kuat.

Doa sikat gigi

Setiap kali selesai menggosok gigi, dianjurkan membaca doa ini.

Doa sikat gigi

Allahumma bayyidl bihi asnani wa syudda bini litstsati wa tsabbit bihi lahati wa afshih bihi lisani wabarik li fihi wa atsbitni ‘alaihi ya arhamar rahimin.

Artinya,

” Ya Allah, putihkanlah gigiku dan kuatkan gusiku, kuatkan lahatku (daging yang tumbuh di langit-langit mulut, fasihkan lidahku, berkatilah aku, dan berikanlah aku pahala karena siwak, wahai Dzat yang Paling Mengasihi di antara para pengasih.”

Jadi, usai santap sahur jangan lupa menggosok gigi dan lafalkan doa ini, ya, Sahabat Dream, agar hari-harimu menyegarkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 + four =

Shopping cart