Ganti Karet Behel Saat Puasa, Membatalkan Nggak?

Kalangan ulama punya pandangan tentang keharusan melakukan perawatan gigi di bulan puasa? Semoga pandangan ini membantu kamu yang sedang bingung. 

Dream – Kesehatan gigi dan mulut memang wajib diperhatikan. Apalagi saat berpuasa, mulut jadi organ tubuh utama yang perlu perawatan ekstra. Sebab, kurangnya cairan selama 12 jam dapat menimbulkan aroma tak sedap.

Salah satu hal yang sering jadi pertanyaan orang yang berpuasa adalah apakah boleh melakukan perawatan gigi atau behel dilakukan saat Ramadan?

Penggantian karet gigi dan kontrol gigi harus rutin dilakukan. Sedikitnya satu bulan sekali, bahkan dua minggu sekali, mereka yang menggunakan kawat gigi akan sering mengunjungi dokter gigi.

Ada kalanya kita dihadapkan pada situasi yang sulit. Sering kali pasien harus mendapatkan jadwal perawatan gigi di bulan puasa. Namun ada keraguan hal itu akan membatalkan puasa. Lalu bagaimana pandangan para ulama terkait masalah tersebut?

Kita tahu bahwa jika sesuatu yang cair atau padat masuk melalui mulut bisa membatalkan puasa. Ustaz Zaki menjelaskan sebaiknya kita tidak memilih melakukan penggantian karet kawat gigi pada siang hari saat berpuasa.

Menurut Ustaz Zaki, dikhawatirkan saat dilakukan perawatan akan ada air, obat atau zat apapun yang bisa masuk ke dalam lambung kita.

Jadi sebaiknya kapan?

Ilustrasi

Situasi ini, lanjutnya, dikhawatirkan akan menjadikan puasa kita batal, karena apa yang dilakukan ini bukan sesuatu yang darurat atau bukan sesuatu yang memang sangat dibutuhkan saat itu juga.

Apabila memang sangat dibutuhkan, hal itu akan dikenakan hukum darurat karena kita sakit.

Namun jika masih bisa ditunda, sebaiknya kita melakukan perawatan gigi setelah azan magrib atau setelah membatalkan puasa.

Apa yang Harus Dilakukan Setelah Memakai Behel?

Dream – Ketika gigi kurang rapi, kamu bisa menggunakan behel. Pemakaiannya bisa memakan waktu hingga beberapa lama. Tergantung pada kondisi gigi yang harus dirapikan.

Setelah beberapa tahun memakai behel dan mengontrol kesehatan gigi, gigimu akan terlihat lebih rapi. Ketika itulah kamu harus melepas behel. Melepas behel bukan berarti kamu tidak perlu mengontrol kesehatannya.

Kamu tetap perlu memerhatikan kesehatan dan melakukan beberapa perawatan gigi. Dilansir Shileds Dental Clinicberikut hal yang perlu dilakukan agar gigi tetap rapi, bebas plak dan sehat.

Membersihkan gigi

Saat atau setelah melepas behel, pergilah ke dokter gigi untuk membersihkan gigimu. Sehingga, gigi bebas dari lem behel atau warna kekuningan. Kamu juga bisa melakukan perawatan agar gigi lebih putih atau membersihkan karang gigi.

Menggunakan retainer

Banyak yang kurang nyaman menggunakan retainer setelah memakai behel. Padahal, gigi bisa kembali seperti semula setelah beberapa minggu hingga tahun setelah melepas behel.

Maka dari itu, kamu harus menggunakan retainer hawley atau clear aligner untuk mempertahankan kerapihannya.

Melakukan perawatan gigi secara rutin

Setelah melepas behel, kamu harus melakukan perawatan gigi lebih intens. Mulai dari pembersihan karang setiap 6 bulan sekali, menggunakan benang gigi sebelum menyikat gigi di malam hari, menyikat gigi setelah sarapan dan sebelum tidur serta membersihkan retainer.

Kamu juga bisa menggunakan obat kumur untuk memastikan gigi dan gusi lebih bersih serta kuat. Namun, tidak disarankan untuk melakukannya terlalu sering. Gunakanlah pasta gigi yang mengandung flouride agar gigi lebih kuat.

Jika gigimu sensitif, gunakanlah pasta gigi khusus gigi sensitif. Hindari pasta gigi yang dapat memutihkan karena biasanya bersifat korosif dan merusak email gigi serta menyebabkan gigimu lebih mudah keropos.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nine − 2 =

Shopping cart