Gorengan Sehat untuk Berbuka Puasa, Ini Caranya

Gorengan memang makanan yang pas disantap ketika buka puasa.

Dream– Gorengan menjadi menu yang biasanya ada di meja saat berbuka puasa. Selain enak dan renyah, gorengan juga mengenyangkan sehingga cocok setelah menahan lapar seharian penuh.

Tapi ingat, ada efek samping yang mempengaruhi kesehatan saat makan gorengan.

” Kekhawatiran gorengan bisa memicu masalah kesehatan tak bisa sepenuhnya disalahkan. Namun bukan berarti makanan yang digoreng sama sekali kehilangan manfaatnya,” ujar dokter gizi klinik, Maya Surjadjaja.

Maya mengatakan makanan yang digoreng masih dapat mengandung gizi tergantung banyak faktor. Mulai dari bahan makanan, proses memasak, hingga alat masak yang digunakan.

Nah, agar gorengan tetap mengandung gizi, ada beberapa tips yang bisa dilakukan.

Pilih jenis minyak

Minyak goreng memiliki kandungan zat baik seperti omega 3, omega 6, dan omega 9. Minyak kelapa, sawit, jagung, dan zaitun juga mempunyai kandungan yang baik dan tubuh atas pemanasan yang tepat.

Minyak kelapa atau sawit yang terjangkau masih bisa berkandungan baik. Minyak kelapa yang dipanaskan hingga 180 derajat masih mempunyai kualitas yang bagus. Segera ganti minyak saat menggoreng bila telah berubah warna menghitam.

 Khasiat Minyak Zaitun untuk Kecantikan

Perhatikan proses memasak

Cara memasak penting diperhatikan agar gizi di makanan tidak menghilang. Maya mengatakan hindari minyak yang dipakai berulang, memasak terlalu cepat, atau hingga gosong. Kebiasaan ini mesti dihindari karena berpotensi menghasilkan trans fat atau lemak jenuh.

Lemak jenuh tak baik untuk kesehatan. Kandungan ini memicu beragam penyakit seperti, kolesterol tinggi, serangan jantung, hingga kanker.

Pilih alat masak

Kamu sebaiknya memilih alat penggorengan yang tepat. Pilih bahan stainless steel daripada alumunium atau pun teflon. Bahan penggorengan yang terbuat dari aluminum berbahaya dipakai dengan suhu yang sangat tinggi.

Bijak menggunakan produk tambahan

 Tepung Jagung

Saat meggoreng, kita biasanya menggunakan tambahan tertentu seperti tepung agar makanan lebih renyah. Pemilihan tepung mempengaruhi gizi gorengan yang akan dikonsumsi.

Tepung bervitamin bisa menjadi solusi bagi yang ingin menikmati gorengan sehat. Pemilihan tepung yang tepat dapat meminimalisir kandungan gizi yang mungkin hilang saat proses penggorengan.

Dengan cara-cara demikian, kita tak lagi khawatir dengan gorengan asal dilakukan dengan benar. Membuat gorengan sendiri lebih baik karena bisa menjamin bahan dan cara memasak sehat seperti yang kita inginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 + 9 =

Shopping cart