Habis Sahur Langsung Tidur, Apa Dampaknya?

Ada bahaya di balik kebiasaan langsung tidur setelah sahur.

Dream – Sahur adalah agenda rutin yang dilakukan Muslim saat menjalani ibadah puasa. Saat makan sahur, kita memberikan nutrisi dan energi pada tubuh agar bisa kuat menjalankan aktivitas sampai saat berbuka.

Sahur dilakukan padi pagi buta hingga menjelang subuh. Setelah melakukan aktivitas ini, biasanya dilanjutkan dengan sholat Subuh dan kembali tidur. Kegiatan ini seringkali dianggap wajar.

Nyatanya, menurut dokter dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia-Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Cipto Mangunkusumo, dr Ari Fahrial Syam, kebiasaan tidur dapat memberikan efek buruk pada pencernaan. Berikut dampak buruk langsung tidur setelah sahur.

Makanan bisa kembali ke mulut

Kebiasaan tidur setelah sahur dapat menyebabkan refluks esofagus. Kondisi ini berupa posisi tidur yang bisa menyebabkan makanan dari lambung kembali ke atas yaitu tenggorokan dan mulut.

Memicu mual muntah

Asam lambung yang dibawa makanan ke atas akan menyebabkan kerongkongan terasa kering dan panas. Pada kondisi ini, orang akan merasa mual, mulas, dan ingin muntah.

Rasa tersebut akan semakin parah jika dialami orang yang menderita penyakit maag.

Gejala dan Penyebab Mual Muntah saat Hamil

Menyebabkan GERD

Dalam kondisi kronis, asam lambung tak hanya mengenai kerongkongan saja tetapi bisa berbalik masuk ke saluran pernafasan. Inilah yang menyebabkan gastroesophageal reflux disease (GERD), yaitu kondisi peradangan pada tenggorokan, paru-paru, dan laring.

Potensi kanker

Asam lambung yang merusak dinding keronggkongan, tenggorokan, paru-paru, dan laring dapat menyebabkan penyakit yang lebih parah. Misalnya komplikasi GERD dengan kanker kerongkongan yang bisa menyebabkan kematian.

Solusinya tidur lebih awal

Tidur Setelah Sahur

Cara untuk mencegah tidur setelah sahur adalah tidur cukup agar kita tidak mengantuk. Hindari begadang, sebaiknya kita segera tidur seusai sholat Tarawih.

Tidur siang selama 15 menit juga bisa menyegarkan tubuh dan memenuhi cukup porsi istirahat.

Jadi daripada tidur setelah sahur dan sholat Subuh, kamu bisa menikmati udara segar kaya oksigen di pagi hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 − 6 =

Shopping cart