Hadis Tentang Berlindung dari Setan Selama Ramadan

Rasulullah Muhammad SAW bersabda dalam riwayat Muslim.

Dream – Tak cuma menahan lapar dan haus, puasa juga menahan emosi yang dikendalikan oleh diri sendiri. Meski setan dikurung dan pintu neraka ditutup Allah SWT guna memuliakan umat-Nya, jika emosi tak bisa dikontrol diri sendiri, tidak heran jika puasa mu tak berpahala.

Nilai yang terkandung dalam puasa yaitu pengendalian diri dari berkata dan berbuat keji. Diharapkan jiwa menjadi bersih dan terhindar dari segala ucapan dan tindakan yang merugikan.

Rasulullah Muhammad SAW bersabda dalam riwayat Muslim.

” Siapa yang tak meninggalkan perkataan dan perbuatan yang keji, maka Allah SWT tidak butuh kepada pengorbanannya untuk meninggalkan makan dan minumnya.” 

Dalam hadis lain diriwayatkan Ad Darimi, Rasulullah SAW bersabda,

” Berapa banyak orang berpuasa yang tidak mendapatkan apa-apa dari puasanya kecuali rasa haus dan lapar saja.” 

Lapar dan dahaga diyakini bisa mempersempit ruang setan di dalam aliran darah manusia. Sehingga, setiap muslim dapat menempa jiwanya dengan menekan nafsunya.

Hikmah lain yaitu dengan puasa bisa membuat seseorang berempati kepada mereka yang kurang beruntung. Dengan empati tersebut dapat melahirkan solidaritas sosial sehingga tidak ada lagi orang kelaparan.

Rasulullah SAW bersabda, ” Sesungguhnya setan itu berada bersama anak adam melalui peredaran darahnya.” 

Selain Kurma, Ini 5 Menu Favorit Rasulullah SAW Saat Buka Puasa

Dream – Tak cuma kita saja yang punya menu favorit kala buka puasa, Sahabat Dream. Nabi Muhammad SAW juga punya beberapa menu yang selalu dinikmatinya saat berbuka puasa, lho!

Tradisi berbuka puasa dengan yang sajian manis juga sudah ada sejak zaman Rasulullah SAW. Beliau memilih kurma sebagai menu manis untuk buka puasa.

Tak hanya kurma, ada beberapa jenis makanan lainnya yang menjadi favorit Rasulullah saat berbuka puasa dan sebagian besar berupa buah-buahan.

Tak heran bila makanan yang dikonsumsi Nabi Muhammad SAW baik untuk kesehatan dan membantu meningkatkan stamina selama puasa.

Kira-kira apa lagi menu favorit buka puasa Rasulullah SAW selain kurma? Mau tahu?

Susu

Nabi Muhammad mengonsumsi susu tidak hanya saat buka puasa saja, tetapi juga saat sahur.

Susu memiliki kandungan vitamin yang dapat menjaga kebugaran tubuh kamu seharian. Segelas susu mengandung protein dan kalsum yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Anggur

Anggur juga menjadi salah satu makanan favorit Nabi Muhammad SAW saat buka puasa, Sahabat Dream.

Anggur mengandung vitamin C yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Kamu pun bisa menjadi semakin kuat selama menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan.

Rasanya yang enak, juga tidak diragukan lagi jadi buah favorit banyak orang.

Buah Delima

Sebagai salah satu buah yang terdapat di surga, delima menjadi makanan favorit nabi Muhammad SAW saat buka puasa juga.

Penjelasan adanya buah delima di surga juga dicantumkan dalam Al Quran surat Ar-Rahman ayat 86 yang artinya:

” Di dalam kedua-dua syurga itu terdapat buah-buahan, pohon kurma dan pohon delima.” 

Sedangkan dalam hadis dijelaskan bahwa kita dianjurkan untuk memakan buah tersebut beserta kulitnya.

Madu

Dengan mengonsumsi madu saat buka puasa, tubuh dapat menjaga kadar gula darah dan sangat baik untuk kesehatan. Madu juga bisa dijadikan pengganti gula yang lebih sehat, karena punya rasa yang manis.

Dengan rutin mengonsumsi madu selama puasa, maka kamu bisa terhindar dari sembelit dan diare akibat makanan yang kamu konsumsi saat berbuka atau sahur.

Buah Tin

Buah ara atau buah tin juga menjadi makanan favorit Nabi Muhammad SAW. Rasulullah pun pernah bersabda bahwa buah tin merupakan buah surga tanpa biji.

Buah tin memiliki banyak manfaat, antara lain dapat mengobati sembelit, penyakit usus, bisul, dan lambung. Dengan kandungan yang kaya manfaat ini, buah tin sangat cocok untuk dikonsumsi ketika berbuka puasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × 4 =

Shopping cart