Itikaf di 10 Malam Terakhir Ramadan, Ini Tata Caranya

Itikaf menjadi kegiatan rutin umat Islam dalam hari-hari terakhir Ramadan. 

Dream – Selain puasa dan Tarawih, ada satu ibadah lagi yang identik dengan Ramadan. Ibadah itu yaitu itikaf.

Itikaf yaitu mendekatkan diri kepada Allah dengan cara berdiam di masjid dengan tata cara tertentu. Ini merupakan ibadah sunah yang dianjurkan pada sepuluh hari terakhir Ramadan.

Ibadah ini dicontohkan oleh Rasulullah Muhammad SAW, seperti diriwayatkan Bukhari dan Muslim dari Aisyah RA.

” Nabi SAW beritikaf di sepuluh hari terakhir bulan Ramadan hingga beliau wafat, kemudian para istri beliau beritikaf sepeninggal beliau.” 

Sayangnya, akibat pandemi Covid-19 saat ini kita belum sepenuhnya bisa beriktikaf di masjid. Meski begitu, iktikaf dapat dilakukan di rumah.

Tujuan Itikaf

Itikaf bertujuan mengarahkan pikiran dan hati hanya kepada-Nya. Selalu berzikir untuk mengingat Allah serta merenungkan perjalanan hidup.

Dalam Surat Al Baqarah ayat 125, Allah berfirman:

Dan telah Kami perintahkan kepada Ibrahim dan Ismail: Bersihkanlah rumah-Ku untuk orang-orang yang thawaf, yang itikaf, yang ruku’ dan yang sujud.

 Itikaf

© Dream

Upaya Pembersihan Diri

Sebagian dari sekian banyak manfaat itikaf yaitu hati terasa lebih nyaman dan terbuka.

Ketika seseorang beritikaf, maka dia sedang membersihkan dirinya dari kehidupan dunia. Mencoba mencari jalan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Dalam Surat Al Baqarah ayat 187, Allah SWT berfirman:

(Tetapi) janganlah kamu campuri mereka itu, sedang kamu beri’tikaf dalam masjid.

 Itikaf

© Dream

Ketika seseorang sedang beritikaf, maka ia akan terbebas dari gangguan-gangguan duniawi. Hal ini akan membuat diri menjadi lebih fokus untuk beribadah.

Sunah Selama Itikaf

Selama itikaf, terdapat sejumlah amalan sunah yang dianjurkan dilakukan. Sunah tersebut yaitu mendirikan sholat, bertasbih, berdzikir, membaca Alquran.

Sedangkan selama beritikaf, tidak dianjurkan untuk berbicara kecuali yang baik. Dilarang menggunjing atau berkata kasar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 − 18 =

Shopping cart