Jajanan yang Ramai Dicari untuk Buka Puasa

Kalau kamu suka menu apa?

Dream – Walau taak melulu makanan, istilah takjil sangat melekat pada umat Muslim yang menjalankan ibadah puasa Ramadan. Takjil dikenal sebagai pengganti kudapan atau makanan pembuka puasa seperti yang banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia.

Tapi sekadar informasi saja, menilik laman KBBI, takjil memiliki arti mempercepat dalam berbuka puasa.

Berasal dari kata ‘ajila dalam Bahasa Arab yang berarti menyegerakan. Jadi, takjil bisa disebut sebagai perintah untuk menyegerakan berbuka puasa.

Bicara soal istilah takjil yang sudah melekat dengan menu buka puasa, kira-kira menu buka puasa favorit Sahabat Dream apa?

Nah, berikut ini deretan takjil yang kerap diburu jelang buka puasa. Apakah sama dengan favorit kamu? Yuk simak!

Es blewah

Minuman yang sering muncul ketika hadirnya bulan puasa adalah es blewah. Segarnya blewah ditambah dengan dingin dan manisnya kuah, es blewah akan menghilangkan rasa hausmu.

Es kelapa

Selain segar, air kelapa muda diketahui mampu menggantikan cairan tubuh yang hilang saat berpuasa.

Apalagi kalau disajikan pada buah kelapanya langsung. Dijamin bakal langsung menghilangkan haus dahagamu setelah seharian berpuasa.

Kolak

Ada berbagai macam kolak, mulai kolak pisang, ubi jalar, ubi kayu, kolak biji salak, hingga kolak sagu mutiara. Saat ini, kolak pun telah dikreasikan dalam tampilan yang lebih modern.

Yang jelas, rasa semua kolak sama-sama lezat.

Ilustrasi

Gorengan

Dicocol sambal kacang atau saus pedas, gorengan jadi menu yang biasanya ada di meja saat berbuka puasa. Selain enak dan renyah, gorengan juga mengenyangkan sehingga cocok setelah menahan lapar seharian penuh.

Biasanya ada gorengan yang ramai diburu ada risol, bakwan, martabak telur, tahu isi sayur, pastel, dan lainnya.

Lontong

Lontong jadi teman setia gorengan sebagai menu buka puasa, biasanya lontong ada yang berisi oncom pedas, ada juga yang berisi campuran kentang dan wortel.

Rasanya jadi gurih, pas buat menu pertama sebagai pembuka puasa.

Selain Kurma, Ini 5 Menu Favorit Rasulullah SAW Saat Buka Puasa

Dream – Tak cuma kita saja yang punya menu favorit kala buka puasa, Sahabat Dream. Nabi Muhammad SAW juga punya beberapa menu yang selalu dinikmatinya saat berbuka puasa, lho!

Tradisi berbuka puasa dengan yang sajian manis juga sudah ada sejak zaman Rasulullah SAW. Beliau memilih kurma sebagai menu manis untuk buka puasa.

Tak hanya kurma, ada beberapa jenis makanan lainnya yang menjadi favorit Rasulullah saat berbuka puasa dan sebagian besar berupa buah-buahan.

Tak heran bila makanan yang dikonsumsi Nabi Muhammad SAW baik untuk kesehatan dan membantu meningkatkan stamina selama puasa.

Kira-kira apa lagi menu favorit buka puasa Rasulullah SAW selain kurma? Mau tahu?

Susu

Nabi Muhammad mengonsumsi susu tidak hanya saat buka puasa saja, tetapi juga saat sahur.

Susu memiliki kandungan vitamin yang dapat menjaga kebugaran tubuh kamu seharian. Segelas susu mengandung protein dan kalsum yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Anggur

Anggur juga menjadi salah satu makanan favorit Nabi Muhammad SAW saat buka puasa, Sahabat Dream.

Anggur mengandung vitamin C yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Kamu pun bisa menjadi semakin kuat selama menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan.

Rasanya yang enak, juga tidak diragukan lagi jadi buah favorit banyak orang.

Buah Delima

Sebagai salah satu buah yang terdapat di surga, delima menjadi makanan favorit nabi Muhammad SAW saat buka puasa juga.

Penjelasan adanya buah delima di surga juga dicantumkan dalam Al Quran surat Ar-Rahman ayat 86 yang artinya:

” Di dalam kedua-dua syurga itu terdapat buah-buahan, pohon kurma dan pohon delima.”

Sedangkan dalam hadis dijelaskan bahwa kita dianjurkan untuk memakan buah tersebut beserta kulitnya.

Madu

Dengan mengonsumsi madu saat buka puasa, tubuh dapat menjaga kadar gula darah dan sangat baik untuk kesehatan. Madu juga bisa dijadikan pengganti gula yang lebih sehat, karena punya rasa yang manis.

Dengan rutin mengonsumsi madu selama puasa, maka kamu bisa terhindar dari sembelit dan diare akibat makanan yang kamu konsumsi saat berbuka atau sahur.

Buah Tin

Buah ara atau buah tin juga menjadi makanan favorit Nabi Muhammad SAW. Rasulullah pun pernah bersabda bahwa buah tin merupakan buah surga tanpa biji.

Buah tin memiliki banyak manfaat, antara lain dapat mengobati sembelit, penyakit usus, bisul, dan lambung. Dengan kandungan yang kaya manfaat ini, buah tin sangat cocok untuk dikonsumsi ketika berbuka puasa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × five =

Shopping cart