Jenis Olahraga Terbaik Saat Puasa

Meski berpuasa, kita tidak harus meninggalkan olahraga untuk menjaga imunitas tubuh.

Dream – Banyak orang meninggalkan olahraga saat berpuasa. Tapi sebenarnya kita tetap bisa berolahraga meski sedang puasa. Kuncinya, kita memilih olahraga tepat, yang tidak membuat semakin merasa semakin lemas dan bertambah lapar, seperti yoga dan pilates.

” Yoga dan pilates paling bagus untuk yang berpuasa karena pernapasannya panjang, sehingga tidak membuat gula darah langsung drop dan memicu rasa lapar,” ungkap private instructor, Lisa Namuri.

Menurut dia, yoga dan pilates menggunakan cadangan lemak sebagai sumber energi utama. Sehingga sangat tepat dilakukan saat berpuasa.

” Jadi orang yang melakukan yoga dan pilates badannya lean. Dia enggak akan bulky. Yang diperkuat hanya otot bagian dalam, jadi enggak akan terlihat sangat berotot,” tambah dia.

 Ilustrasi

Kita tak perlu khawatir monoton, sebab gaya yoga sangat beragam, seperti downward dog dan mountain pose (tadasana) yang sederhana namun bisa dikembangkan menjadi gerakan lebih sulit.

Tapi, sebelum melakukan yoga maupun pilates, kita perlu memastikan kondisi tubuh. ” Kalau lemas, jangan lakukan gerakan yang berdiri seperti handstand atau bakasana (crow pose),” ujar Lina Namuri.

Kita juga bisa melakukan yoga dan pilates berama instruktur jika belum terbiasa, agar lebih efektif dan mencegah cedera. ” Kecuali kalau sudah satu sampai dua tahun melakukan yoga atau pilates,” tambah dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twenty + 4 =

Shopping cart