Keberkahan Ramadan yang Diperoleh Mereka yang Berpuasa

Hadir setahun sekali, ayo maksimalkan ibadah kamu di Ramadan.

Dream – Ramadan yang selalu dinantikan setiap tahun dipercaya sebagai bulan suci penuh berkah buat orang yang menjalaninya dengan bersungguh-sungguh. Walau masih dihadang pandemi COVID-19, Ramadan tetap disambut suka cita oleh umat Islam di seluruh penjuru dunia.

Menjalani suasana puasa Ramadan yang berbeda sejak dua tahun terakhir, kita perlu menyiapkan segala hal mulai dari kondisi tubuh yang fit, makanan secukupnya, sampai keteguhan hati karena tidak bisa merayakan Ramadan bahkan Lebaran bareng keluarga di kampung.

Namun, kesedihan itu jangan berlarut, Sahabat Dream. Allah SWT punya rencana baik untuk kita semua. Mari kita jalani Ramadan ini dengan suka cita sebab ada beberapa keberkahan yang bisa kita dapati di bulan suci Ramadan.

Bulan Dibukanya Pintu Surga dan Ditutupnya Pintu Neraka

Allah SWT menutup pintu neraka di saat bulan suci Ramadan. Dan Dia membuka lebar pintu surga bagi siapapun yang ingin memasukinya.

Hal ini dibuktikan dari hadis Rasulullah SAW., dari Abu Hurairah yang diriwayatkan Imam Bukhari tentang keutamaan bulan Ramadhan, bulan suci yang penuh berkah.

Ustaz Zaenal Karomi dalam tulisannya di laman Tebuireng mengatakan, hadis ini jelas tertulis dalam Kitab Shahih Bukhari juz 3 halaman 32, yang artinya:

“ Apabila datang bulan Ramadhan maka pintu-pintu surge dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan setan-setan yang jahat dibelenggu.” (HR. Bukhari)

Malam Seribu Bulan (Lailatul Qodar) dalam Bulan Ramadan

Kemuliaan bulan Ramadan salah satunya adalah adanya malam seribu bulan. Malam ini disebut malam Lailatul Qodar yaitu malam penuh kemuliaan dan keberkahan.

Malam ini terletak pada malam ganjil pada 10 malam terakhir di bulan Ramadan.

Malam ini adalah malam yang lebih baik daripada seribu bulan. Allah berfirman dalam surat al-Qodar ayat 1-3:

“ Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Quran) pada Lailatul Qodar (malam kemuliaan). Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.”

Ramadan Sebagai Bulan Pengampunan Dosa

Bulan Ramadan sebagai kesempatan yang paling baik untuk penghapusan dosa-dosa. Hal ini menjadi keutamaan di bulan Ramadan. Bulan Ramadan adalah waktu yang baik untuk mengambil kesempatan bertaubat.

Nabi SAW bersabda yang artinya:

“ Sholat lima waktu, Jumat ke Jumat dan Ramadan ke Ramadan menghapuskan dosa-dosa di antara masa-masa itu selama dosa-dosa besar dijauhi.” (HR. Muslim)

Dengan berpuasa pada bulan Ramadan ini, maka bisa menghapus dosa-dosa yang telah kita lakukan. Hal ini sesuai dengan hadis Nabi SAW yang artinya:

“ Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan karena penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah SWT., maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Dilipatgandakan Pahala pada Bulan Ramadan

Amalan-amalan pada bulan Ramadan akan dilipatgandakan pahalanya oleh Allah SWT., sesuai dengan sabda Rasulullah SAW yang artinya:

“ Pahala umrah pada bulan Ramadhan menyamai pahala ibadah haji.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fourteen − five =

Shopping cart