Keistimewaan dan Kandungan Surat Yasin

Yuk rutin baca Surat Yasin, kapan pun dan di mana pun.

Dream – Surat Yasin memiliki banyak keistimewaan dan kandungan yang luar biasa. Surat ini biasanya sering dibaca saat acara tahlilan atau momen-momen tertentu di beberapa masyarakat kita. 

Kandunga surat Yasin mengajarkan pokok-pokok keimanan, peringatan kematian, tanda kekuasaan Allah, hari akhir, dan kisah perjuangan para syuhada.

Diketahui, surat Yasin adalah surat ke-16 di dalam al-Quran yang terdiri dari 83 ayat. Surat Yasin diturunkan di Kota Makkah sehingga disebut surat Makkiyah.

Seringkali surat Yasin dibaca umat Muslim saat malam Jumat, atau dibaca saat ada orang yang meninggal. Padahal Surat Yasin bisa dibaca kapan saja, termasuk saat Ramadan seperti sekarang.

Setiap surat di dalam al-Quran memiliki kandungan dan keistimewaan luar biasa. Berikut keistimewaan dan kandungan surat Yasin:

Mempermudah Segala Urusan

Surat Yasin diyakini dapat mempermudah berbagai persoalan hidup. Umat muslim yang rajin membaca surat Yasin akan dipermudah Allah SWT dalam segala urusan, seperti koflik, piutang, dan sebagainya.

“ Barangsiapa yang membaca surat yasin di pagi hari, maka pekerjaan di hari itu dimudahkan dengan keberhasilan, dan jika membacanya di akhir suatu hari maka tugasnya hingga pagi hari berikutnya akan dimudahkan juga.” (Sunaan Daarimi juz 2 halaman 549)

Mempermudah Sakaratul Maut

Kandungan surat Yasin selanjutnya adalah dipercaya dapat mempermudah sakaratul maut. Poin ini sudah dijelaskan dalam tafsir al-Quran:

“ Membaca surat yasin di sisinya mayat akan menurunkan banyak rahmat dan berkah dan memudahkan keluarnya ruh.” (Tafsir al-Quran 6/562 Daran Nasyr Wat Tauzi)

Mendapatkan Ketenangan Hati

Selain mempermudah sakaratul maut, surat yasin juga diyakini jika sering membacanya akan mendapatkan ketenangan hati.

Karena membaca al-Quran sama dengan berdzikir, sedangkan memperbanyak dzikir akan membuat hati semakin tenang.

Allah berfirman dalam surat Ar-Ra’du ayat 28 yang artinya:

“ Yaitu orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 + 6 =

Shopping cart