Kiat Hemat Keuangan Selama Ramadan

Puasa seharusnya membuat kita jadi berhemat. 

Dream – Bulan Ramadan semestinya identik dengan berhemat. Sebab, uang bulanan kita seharusnya tak berkurang cukup banyak karena ada kebutuhan harian yang tidak perlu dipenuhi.

Misalnya saja kita tidak perlu mengeluarkan uang buat makan siang sehingga pengeluaran makan bisa dihemt.

Tetapi, kenyataannya mungkin bisa sebaliknya. Pengeluaran selama Ramadan bisa membengkak akibat tidak dikendalikan.

Beberapa penyebabnya, kita sering tergiur untuk membeli banyak sekali makanan berbuka puasa. Belum lagi, undangan buka bersama bareng teman-teman yang datang bergantian.

Ditambah lagi, ada bazar makanan setiap jelang berbuka. Kita pun tergoda, lalu membeli makanan itu. Faktor lain yang tak bisa dihindari adalah harga barang kebutuhan pokok selama Ramadan umumnya melonjak sehingga mendongrak harga jual barang-barang.   

Nah, biar itu tidak terjadi, ada beberapa kiat yang bisa kamu terapkan.

Membuat rencana pengeluaran

Rencana pengeluaran penting disusun biar dompetmu tidak kebobolan. Kamu bisa membuat perhitungan kira-kira berapa dana yang dibutuhkan untuk satu hari di bulan Ramadan.

Kalau sudah ketemu angkanya, usahakan pengeluaran tidak berlebih. Akan lebih baik jika pengeluaran di bawah anggaran dengan cara membeli makanan yang terjangkau.

Cara ini perlu juga kamu terapkan ketika berbuka puasa bersama. Batasi anggaran konsumsimu dan memesan menu-menu yang ramah di kantong.

Memasak sendiri

4 Trik Memasak Agar Hemat Gas Elpiji

Tidak bisa kita pungkiri, memasak sendiri dapat menekan anggaran konsumsi. Sehingga kamu bisa menyimpan sisa uang untuk kebutuhan yang lain.

Mengolah makanan berbuka sendiri jauh lebih murah daripada harus membeli takjil. Sebab, kamu bisa tahu berapa pengeluaran yang diperlukan.

Misalnya saja, saat ingin es buah, kamu akan mengeluarkan sejumlah uang. Sementara jika membuat sendiri, dengan besaran yang sama kamu bisa dapat es buah lebih banyak.

Jajan di bazar Ramadan terdekat

Jika tidak sempat memasak sendiri, bazar Ramadan bisa jadi pilihan. Tetapi, lebih baik pilih bazar di lokasi paling dekat dengan rumah.

Kalau perlu, kamu bisa jalan kaki untuk sampai ke sana. Dengan begitu, tidak perlu ada anggaran untuk transportasi, kan.

Saat berada di bazar Ramadan, jangan sampai kalap ya. Belilah makanan sesuai dengan anggaran yang sudah kamu tetapkan dan jangan berlebih.

Cara Malaysia Tetap Gelar Bazaar Ramadan di Tengah Pandemi Corona

Patungan beli makanan berbuka

Jika kamu sedang tidak berada di rumah, tentu akan ada pengeluaran untuk buka puasa. Kamu bisa menyiasatinya dengan mengajak teman membeli makanan dengan cara patungan.

Inti berbuka bukan ‘balas dendam’ karena tidak makan seharian. Tetapi, lebih pada mengakhiri puasa dengan konsumsi makanan dan minuman.

Lebih dari itu, berbuka puasa bertujuan untuk meraih ridha Allah. Sehingga, tidak perlu makan banyak kan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × 2 =

Shopping cart