Lailatur Qadar Hanya di Bulan Ramadan, Cek Tanda Hadirnya

Lailatul Qadar merupakan malam yang sangat dinantikan umat Islam.

Dream – Ramadan menjadi Bulan Suci yang istimewa dibandingkan bulan-bulan lainnya. Saat Ramadan, semua ibadah diberi pahala berlipat ganda sehingga umat Islam berlomba-lomba berbuat kebaikan.

Salah satu keistimewaan Ramadan adalah turunnya Lailatul Qadar atau malam seribu bulan. Saking banyaknya keistimewaanya, muslim berusaha meningkatkan ibadahnya dan amal sholehnya di malam tersebut.

Meski demikian, tidak ada yang tahu pasti kapan lailatul qadar diturunkan pada setiap Ramadan. Hanya Allah SWT saja yang tahu sehingga kita tetap harus rajin beribadah setiap malam.

Tapi, apakah Lailatul Qadar hanya jatuh setiap bulan Ramadan?

Mayoritas Ulama: Hanya saat Ramadan

Mayoritas ulama meyakini Lailatul Qadar hanya ada di bulan Ramadan. Meski tak diketahui tepat pasti turunnya, Rasulullah Muhammad SAW menambah porsi ibadah dan amal salehnya di 10 malam terakhir Ramadan.

Dasarnya adalah hadis riwayat Bukhari, dari Aisyah RA.

”Ketika memasuki sepuluh akhir Ramadan, Nabi SAW fokus beribadah, mengisi malamnya dengan ibadah, dan membangunkan keluarganya untuk ikut ibadah.

Ilustrasi Berdoa

Dalam riwayat yang lain, Rasulullah menjelaskan lebih lanjut bahwa turunnya Lailatul Qadar jatuh setiap tanggal ganjil di sepuluh malam terakhir Ramadan. Hal ini termuat dalam hadis berikut.

Carilah Lailatul Qadar pada malam ganjil sepuluh terakhir Ramadan.2 dari 2 halaman

Lailatul Qadar bisa turun di luar bulan Ramadan

Pendapat kedua menyebutkan malam seribu bulan ini bisa turun di luar Ramadan. Seperti yang dijelaskan oleh Abdul Wahab As Sya’rani dalam kitab Mizanul Kubro sebagai berikut.

” Lailatul Qadar terjadi bulan Ramadan saja, namun menurut Abu Hanifah juga bisa terjadi pada setiap bulan. Pendapat yang pertama ketat, sementara pendapat kedua lebih longgar.”

Ilustrasi Berdoa

Pendapat pertama jelas ada dasarnya. Sedangkan pendapat kedua lebih pada pengalaman spiritual. Di mata ulama yang sepakat dengan pandangan kedua, setiap malam yang bisa untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT adalah lailatul qadar.

Apapun pandangannya, beribadah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT memang semestinya dilakukan setiap hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × 2 =

Shopping cart