Macam-Macam Puasa Dalam Islam

Selain puasa Ramadan, ada ibadah puas alain di dalam Islam.

Dream – Muslim tidak hanya mengenal puasa Ramadan. Dalam Islam dikenal beberapa ibadah puasa, baik yang hukumnya wajib maupun sunah.

Puasa wajib harus dikerjakan oleh umat Muslim. Bagi yang sudah memenuhi persyaratan namun meninggalkannya, akan mendapat dosa.

Sementara, puasa sunah merupakan ibadah yang dianjurkan. Seorang Muslim akan mendapat pahala bila mengerjakannya, namun tidak berdosa bila meninggalkannya.

Berikut macam-macam puasa:

Puasa wajib

Puasa Ramadan

Puasa Ramadan wajib dikerjakan oleh Muslim selama sebulan penuh saat bulan Ramadan. Allah memerintahkan umat Islam berpuasa Ramadan dalam surat Al Baqarah ayat 183, ” Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”

Puasa Qadha

Puasa ini untuk menggantikan jumlah puasa Ramadan yang tidak bisa dijalankan karena halangan, seperti sakit parah, bepergian jauh, atau menstruasi dan nifas di bulan Ramadan.

 Ilustrasi

Puasa Nazar

Puasa nazar dilaksanakan karena sebuah janji. Puasa yang dinazarkan hukumnya wajib dan harus ditepati oleh orang yang bernazar.

Puasa Kifarat

Puasa kifarat atau denda untuk menggantikan dam atau denda atas pelanggaran yang hukumnya wajib. Puasa ini dikerjakan karena adanya perbuatan dosa, sehingga bertujuan untuk menghapus dosa yang telah dilakukan tersebut.

Puasa Sunnah

Puasa Syawal

Puasa ini dilakukan selama enam hari di bulan Syawal. Puasa Syawal bisa dilakukan secara berurutan dimulai dari hari ke dua Syawal ataupun bisa dilakukan secara tidak berurutan.

Puasa Arafah

Puasa ini dikerjakan pada tanggal 9 Dhulhijah. Namun puasa ini dilarang bagi mereka yang tengah melaksanakan ibadah haji.

Puasa Senin Kamis

Puasa ini dikerjakan saban Senin dan Kamis, hari dimana malaikat memeriksa amal umat Musli.

 Ilustrasi

Puasa Daud

Puasa ini dulunya dilakukan Nabi Daud. Caranya, sehari puasa dan sehari tidak atau dengan cara selang-seling. Puasa ini sangat disukai Allah. Keutamaan puasa daud di antaranya mendatangkan rejeki, terpelihara dari perbuatan maksiat, senantiasa berpikir positif, ikhlas menerima ketetapan Allah SWT dan lain sebagainya.

Puasa Asyura

Puasa asyura dilakukan setiap tanggal 10 Muharam. Puasa ini untuk menghapus dosa kecil dalam setahun.

Puasa Sya’ban

Puasa sya’ban dikerjakan pada Sya’ban, bulan di antara Rajab dan Ramadan. Puasa sya’ban dapat dikerjakan pada pertengahan bulan ataupun di akhir bulan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × four =

Shopping cart