Makanan Pereda Sakit Maag untuk Sahur dan Berbuka

Sakit maag bisa sangat mengganggu saat berpuasa.

Dream – Sakit maag membuat perut terasa melilit, perih, sehingga tak nyaman melakukan aktivitas. Istilah medis penyakit maag adalah gastritis.

Penyakit ini disebabkan peradangan lapisan lambung akibat asam. Maag biasanya timbul karena pola makan yang tidak teratur.

Ketika maag melanda, mengonsumsi obat memang cara tercepat menyembuhkan nyeri lambung. Tapi, alangkah baiknya dicegah dengan makanan yang tepat.

Begitu pula saat berpuasa, konsumsi menu sahur dan berbuka yang tepat dapat mencegah penyakit maag. Alhasil, ibadah di bulan Ramadan menjadi lancar.

Jenis-jenis makanan ini mampu meredakan maag secara alami. Gunakan sebagai menu sahur dan berbuka puasa.

Oatmeal

Makanan yang mampu meredakan sakit maag adalah oatmeal. Makanan jenis serelia ini dipercaya dapat menyerap asam lambung berlebih yang naik di dalam tubuh sehingga tak memicu penyakit maag.

Oatmeal mempunyai kandungan serat tinggi sehingga kita cepat kenyang dan lebih tahan lapar. Karena karbohidrat kompleks yang lama dicerna, perut tidak cepat kosong sehingga mencegah asam lambung naik.

Kamu bisa mengonsumsi oatmeal saat sahur. Jumlah kalorinya setara dengan mengonsumsi pisang namun lebih kenyang tahan lama.

 ilustrasi oatmeal

Pisang

Pisang mempunyai zat antisida alami sehingga bisa meredakan penyakit maag. Zat ini biasanya ditemukan dalam obat penghilang sakit maag.

Kandungan antasida dapat menyeimbangkan kadar asam lambung di dalam tubuh. Tekstur pisang yang lembut aman dikonsumsi lambung yang telah luka atau terinfeksi. Karena itu, pisang tepat dijadikan menu berbuka puasa setelah menahan lapar seharian penuh.

Selain itu, pisang mengandung serat tinggi yang membuat kita kenyang lebih lama. Kadar asam yang rendah ditambah dengan energi, pisang menjadi makanan mengenyangkan tanpa menyebabkan rasa kantut.

Jahe

Jahe mempunyai kandungan anti inflmasi atau anti peradangan yang dapat meredakan sakit maag. Tak hanya itu, jahe dapat menyembuhkan radang tenggorokan, hidung, serta nyeri di dada akibat asam lambung yang naik di dalam tubuh.

Kamu bisa mengonsumsi jahe dicampur dengan madu dan air hangat. Minuman ini membuat perut nyaman sat berbuka puasa. Wedang jahe madu ini tepat menjadi pengganti kopi dan teh bila ingin menghindari kafein berlebih.

 7 Manfaat Jahe Merah Untuk Perempuan, Bisa Cegah Kanker Rahim

Susu almond

Susu almond mempunyai kandungan alkai yang dapat menetralisir asam lambung pada perut dan meredakan gejalanya. Susu almond mempunyai kandungan lemak tak jenuh sehingga baik untuk penderita maag.

Karena itu, susu almond bisa menjadi minuman enak saat sahur. Kandungan tinggi kalsium, kalium, dan lemak jenuhnya memberikan energi baik selama puasa.

Seledri

Seledri juga punya mempunyai kandungan alkali yang baik untuk mencegah asam lambung naik. Kandungan lemak tak jenuhnya juga baik untuk penderita maag sehingga perut kenyang tanpa rasa begah.

Seledri biasanya digunakan sebagai campuran sop atau sayuran lainnya. Tapi, seledri bisa dikonsumsi mandiri dengan menjadikannya sebagai smoothies. Campurkan dengan nanas madu untuk menghilangkan rasa getir.

Smoothies seledri dan nanas ini bisa menjadi menu berbuka puasa. Teksturnya yang lembut terasa nyaman di perut.

 Jarang Disadari, Inilah Manfaat Seledri bagi Kesehatan

Kayu manis

Kayu manis mempunyai zat antasida yang dapat menyeimbangkan kadar asam di dalam lambung. Selain mencegah penyakit maag, kayu manis dapat memperlancar saluran pencernaan.

Cara mengonsumsi kayu manis ialah dijadikan minuman herbal setiap hari. Kamu bisa mencampurkannya degan madu dan jahe. Minuman hangat ini bisa dinikmati sebagai sajian sahur dan berbuka puasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × two =

Shopping cart