Manfaat Konsumsi Timun Saat Sahur & Buka Puasa

Timun mengandung 96% air.

Dream – Mengandung banyak air, serat larut, serta rendah kalori. Para wanita kerap menggunakan timun sebagai bahan masker karena dapat memberi nutrisi lebih pada kesehahtan kulit wajah.

Namun selain untuk perawatan tubuh dari luar, timun juga bisa jadi asupan bergizi buat kesehatan tubuh dari dalam. Bahkan, timun adalah menu yang tepat dikonsumsi di Ramadan ini, sebab kandungannya yang 96% terdiri dari air dapat membunuh dahaga setelah seharian berpuasa.

 Ilustrasi

Untuk menikmati timun selain dimakan, kamu bisa iris-iris timun tersebut dan celupkan di air putih dingin sebagai cucumber infused water secara rutin di saat sahur dan buka puasa karena dapat memberi khasiat seperti:

  • Melindungi otak
  • Membantu menjaga berat badan
  • Mentimun segar sama dengan nafas segar
  • Memberi vitamin dan mineral ekstra
  • Dapat membersihkan tubuh dari racun
  • Membuat tubuh terdehidrasi
  • Mendukung kesehatan jantung
  • Mengurangi risiko kanker
  • Baik untuk kulit
  • Meningkatkan kesehatan otot dan tulang

4 Manfaat Timun untuk Kesehatan Kulit

Dream – Mengonsumsi makanan yang kaya cairan merupakan salah satu cara mencegah dehidrasi saat berpuasa. Salah satu makanan yang bisa dikonsumsi untuk mencegah dehidrasi adalah timun.

Kamu bisa mengonsumsinya bersama makanan lain atau dicampur ke dalam air untuk membuat infused water. Di samping memiliki manfaat kesehatan, timun juga sangat bermanfaat bagi kecantikan.

Bahan makaan yang mengandung antioksidann, vitamin A, B1, C, biotin serta potasium ini sangat bermanfaat untuk mengatasi pembengkakan, menyamarkan tanda penuaan dan selulit.

Di samping masalah kecantikan yang telah disebutkan, berikut manfaat timun untuk penampilan kulit dilansir Times of India.

Meredakan lingkaran hitam dan kantung mata

Timun mengandung silika dan vitamin C yang mampu menyamarkan lingkaran hitam. Sehingga, penampilan mata akan lebih segar dan awet muda.

Aplikasikan irisan timun dingin pada kedua mata dan biarkan selama 8-10 menit. Kamu juga bisa menghaluskan timun dan mencampurnya dengan coconut oil, carrot seed essential oil serta aloe vera gel.

Lalu, masukkan campurannya ke dalam cetakan es batu dan biarkan hingga membeku di kulkas.

Aplikasikan es batu pada mata untuk meredakan lingkaran hitam, kantung mata serta menyamarkan garis halus di sekitar matamu. Gunakan krim mata setelahnya untuk membuat manfaatnya lebih optimal.

Menyamarkan selulit

Selulit merupakan masalah kulit yang sangat sulit diatasi. Bahkan ketika sudah parah, selulit tidak dapat dihilangkan. Namun, kamu masih bisa menyamarkannya dengan memakai campuran timun secara rutin.

Haluskan timun, biji kopi serta sesendok makan madu murni hingga membentuk cairan kental. Lalu, aplikasikan di sekitar selulit menggunakan handuk bersih.

Biarkan selama 30 menit sebelum mengeksfoliasi kulit dengan gerakan memutar. Lakukan 2 kali seminggu agar pemakaiannya efektif.

Meredakan jerawat

Kamu bisa menggunakan campuran timun, getah lidah buaya, beberapa tetes tea tree essential oil serta susu bubuk tinggi lemak yang telah dihaluskan untuk meredakan bekas jerawat maupun peradangan.

Aplikasikan pada wajah dan leher selama 15 menit dan bilas dengan air dingin sebelum melakukan perawatan kulit di malam hari.

Mengencangkan kulit

Memasuki usia 25 atau lebih, kulit akan lebih rentan mengendur dan menua. Gunakanlah timun yang telah dihaluskan sebagai masker untuk mengencangkan wajah dan leher.

Aplikasikan selama 15 menit dan gunakan setiap minggu untuk meredakan tanda penuaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

12 − 8 =

Shopping cart