Mengapa Bulan Puasa Dinamai Ramadan?

Rahasia apa di balik nama Ramadan? Berikut ini penjelasan mengapa bulan penuh berkah ini bernama Ramadan.

Dream – Dalam kalender Islam ada beberapa bulan utama. Namun, hanya satu bulan suci, yaitu Ramadan. Bulan ini penuh keberkahan, rahmat, dan ampunan. Lantas, mengapa bulan istimewa ini disebut Ramadan?

Dikutip dari islami.co, kata ” Ramadan” merupakan isim masdar dari kata ” Romidlo” yang berarti Panas. Sebagian pendapat menafsirkan ” Ramidlo” dengan kata ” Haroko” yang menggunan makna dari kata ” Maha yamhu” yang berarti melebur.

Itu artinya, Ramadan menjadi bulan untuk melebur dosa-dosa. Puasa di bulan Ramadan mampu membakar dan menghilangkan dosa-dosa kita.

Sebuah riwayat menyebut Ramadan bagai air hujan yang mengguyur tanah gersang. Air hujan tersebut mampu mengubah tanah gersang menjadi subur makmur, menumbuhkan tanaman yang bisa kita manfaatkan.

Ramadan juga bagaikan air untuk membersihkan diri. Jika seseorang selalu membersihkan diri tiap hari dengan air, maka akan tampak terlihat bersih dan beseri-seri serta merasa nyaman. Demikian pula, puasa juga bisa menghapus dan membersihkan seseorang dari dosa.

Menurut Syekh ‘Abdurrohman Al-Shofuri Al-Syafi’I dalam kitab Nuzhah Al-Majalis, rahasia bulan Ramadan bisa ditelaah melalu isyarah hurufnya.

” Berkata syekh Abdurrohman Al-shofurri Al-Syafi’I kitab Nuhzah Al-Majalis; ” Ramadlan adalah terdiri dari lima huruf: maka huruf Ro’ menunjukkan arti Ridlo Allah kepada para hamba-Nya yang dekat. huruf Mim menunjukkan, Ampunan Allah kepada orang-orang yang berbuat maksiat. Huruf Alif menunjukkan kecintaan Allah kepada orang-orang yang Tawakkal, huruf Nun menunjukkan arti Anugerah Allah kepada orang-orang yang jujur.

Keterangan senada juga terdapat pada kitab Fadlo’il Syahru Ramadlan: ” Al-Mas’ud telah menceritakan kepadaku, ia berkata; “ Telah sampai padaku, barang siapa pada malam hari dari bulan Ramadlan membaca Ayat “ inna Fatahna laka fathan Mubiina” ” Sesungguhnya kami Telah memberikan kepadamu kemenangan yang nyata.” (QS. Al-Fath: 1) ketika melaksanakan sholat sunah, maka ia akan di jaga (dari perbuatan dosa-dosa) pada tahun itu.

 Ilustrasi

© Shutterstock.com

” Ramadan adalah terdiri dari lima huruf: maka huruf Ro’ menunjukkan arti Ridlo Allah. Huruf Mim menunjukkan, kecintaan Allah kepada orang-orang yang berbuat maksiat dengan Ampunan-Nya. Huruf Dlod menunjukkan arti, tanggungan Allah (Maksudnya: Allah akan menanggung orang yang berpuasa dari sentuhan api neraka). huruf Alif menunjukkan arti, Kecintaan Allah kepada orang-orang yang Tawakkal, huruf Nun menunjukkan arti Nurullah (cahaya Allah). Maka dari itu Ramadlan juga disebut dengan “ Syahru Ridwan (bulan penuh keridlo’an), Syahru Dloman, Ulufah, Nawal dan kemulian bagi kekasih Allah dan orang-orang yang berprilaku baik.

Dari penjelasan-penjelasan itu, dapat ditarik kesimpulan bahwa bulan Ramadan adalah anugrah dan nikmat agung yang telah diberikan oleh Allah kepada seluruh umat Nabi Muhammad dengan wujud bulan Ramadan.

Dalam bulan Ramadan terdapat banyak keutamaan dan hikmah khusus dari Allah kepada hamba yang ikhlas dan tulus menjalankan ibadah puasa, serta ibadah-ibadah lainnya. Sehingga, rugilah umat Islam yang menyia-nyiakannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 + nine =

Shopping cart