Menu Buka Puasa Khas 5 Negara Mayoritas Muslim

Menu ini sangat nikmat disantap dan mengeyangkan.

Dream – Adzan Maghrib menjadi suara yang paling ditunggu oleh umat Islam yang sedang menunaikan ibadah puasa. Orang yang berbuka merasakan kebahagiaan bisa menuntaskan puasa selama lebih dari 12 jam.

Salah satu kesunahan berbuka yaitu menyegerakannya. Ini seperti tercantum dalam hadis riwayat Bukhari Muslim, dari Sahl bin Sa’ad Radhiyallahu’anhi, Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda.

” Senantiasa manusia di dalam kebaikan selama menyegarakan berbuka.”

Negara-negara yang mayoritas penduduknya muslim mempunyai menu khas berbuka puasa selama bulan Ramadan. Makanan dan minuman ini menjadi tradisi dari tahun ke tahun.

Roti Pide dari Turki

Pide bread atau roti pide lazim disantap sebagai menu buka puasa di Turki. Roti panggang ini memang khusus dijual selama bulan Ramadan.

 Roti pide

Rumah makan di kota-kota besar Turki kerap menyajikan satu set menu berbuka yang terdiri dari roti pide, sup iftariye, pastirma, sujuk, dan pelbagai kue borek.

Dalam sejarahnya, roti pide telah menjadi menu khas Turki sejak Dinasti Ottoman. Dibuka dengan roti pide, masyarakat Turki mengakhiri lewat makanan pencuci mulut bernama gullac, terbuat dari campuran air mawar.

Aneka olahan daging dari Lebanon

Masayarakat Lebanon mengonsumsi olahan daging saat berbuka puasa. Daging panggang disajikan bersama salad meza yang menggunakan kacang kering, dicocol dengan saus houmous, dan falafel yang seperti kroket daging.

 Batata Harra

Daging panggang juga bisa disajikan bersama batata harra. Makanan ini terdiri dari campuran kentang tumbuk, paprika merah, ketumbar, cabai, dan bawang putih.

Mansaf dan watayef dari Yordania

Muslim Yordania mengonsumsi mansaf dan watayef saat berbuka puasa. Mansaf merupakan olahan daging domba yang dimasak dengan rempah-rempah.

 Mansaf

Sedangkan watayef mirip panekuk beraroma kayu manis dengan isian kenari dan gula. Sirup madu dituangkan di atas watayef untuk cita rasa yang lebih manis.

Ful medames dari Mesir

Umat Islam di Mesir menikmati ful medames sat berbuka puasa. Makanan ini terdiri dari kacang fava tumbuk yang dimasak dengan parsley, bawang putih, bawang bombay, dan perasan jeruk lemon.

Rasanya gurih bercampur asam. Ful medames disajikan bersama telur rebus.

 Ful Medames

Selain ful medames, molokhia juga bisa menjadi pilihan masyarakat Mesir. Menu ini merupakan sup sayur yang terbuat dari daun molokhia tau yute.

Menyantap sup molokhia nikmat dicampur dengan ayam dan nasi.

Samosa dari Pakistan

Samosa menjadi makanan khas Pakistan yang telah mendunia. Jadi, rasanya tak lengkap bila berbuka tanpa samosa.

Makanan ini menyerupai pastel segitiga dengan isian kentang pedas, bawang bombai, kacang-kacangan, dan daging cincang. Daging yang dipilih bisa domba, sapi, atau ayam, sesuai selera.

 Samosa

Selain samosa, fruit chaat sering menjadi takjil bagi muslim Pakistan. Fruit chaat terdiri dari potongan buah papaya, pisang, jeruk, delima merah, anggur, nanas, dan apel yang dicampur dengan kentang tau ubi manis.

Sebagai pelengkap, ada saus coklat rempah-rempah yang disiram di atasnya.

Menu khas berbuka puasa dari negara yang penduduknya mayoritas muslim ini bisa kamu coba sendiri di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × one =

Shopping cart