Momen-Momen Paling Dirindukan Saat Puasa Ramadan

Siapa yang rindu juga?

Dream – Ramadan yang hadir setahun sekali di tiap tahunnya jadi momen yang dinanti umat Muslim di seluruh dunia. Sebab di bulan ini pahala amal kebaikan akan dilipatgandakan dan pintu kebaikan menuju surga dilapangkan oleh Allah SWT.

Demi menuju surgaNya, para umat Muslim berlomba-lomba mencari pahala lewat kegiatan-kegiatan yang sesuai dengan ajaran Allah SWT. Seperti kewajiban berpuasa, memberi sedekah, membaca Al Quran, dan hal baik lainnya.

Selain rangkaian ibadah yang hanya ada di masa Ramadan, banyak juga momen Ramadan yang sudah turun temurun dilakukan masyarakat untuk mengisi bulan mulia ini.

Apa saja sih?

Buka puasa bersama

Momen buka puasa bersama atau yang sering disebut bukber jadi kegiatan rutin para masyarakat, bahkan mereka pun rela meluangkan waktunya untuk bertemu para sahabat, keluarga besar, hingga teman masa kecil.

Namun sayang, sejak Ramadan 2020 hingga kini, kegiatan itu harus berhenti sejenak dikarenakan adanya pandemi COVID-19. Sehingga momen bukber dilakukan secara daring.

 Ilustrasi

Salat tarawih di masjid

Salah satu kegiatan yang rutin dilakukan ketika Ramadan adalah salat tarawih. Meski hukumnya sunnah, namun umat Muslim tak ingin melewati momen salat tarawih berjemaah di masjid.

Di Ramadan 2021, meski sudah diperbolehkan salat jamaah di masjid namun Sahabat Dream harus tetap perhatikan protokol kesehatan yang ketat, ya, agar terhindari dari paparan virus COVID-19.

Ngabuburit

Biasanya dilakukan satu sampai dua jam sebelum Azan Maghrib berkumandang. Kegiatan ini beragam, ada yang jalan-jalan keliling komplek rumah sambil jajan takjil hingga menyaksikan pertunjukan musik hingga berbelanja.

 Ilustrasi

Namun lagi-lagi sayang, aktivitas itu pun berhenti sejenak sejak 2020 kemarin demi meminimalisir paparan COVID-19.

Walau beberapa tempat hiburan sudah dibuka kembali, tapi kita semua tetap dianjurkan untuk menghabiskan aktivitas #dirumahaja.

Tadarus

Tadarus, salah satu aktivitas yang nggak boleh dilewatkan saat Ramadan. Membaca serta mengkaji isi Al Quran saat Ramadan akan diberi pahala dan dilipatgandakan oleh Yang Maha Esa.

Jadi, siapa yang nggak mau banyak pahala?

Malam lailatul qodar

Keutamaan sepuluh hari terakhir Ramadan adalah adanya malam lailatul qodar yang memiliki keutamaan lebih baik dari 1000 bulan (setara 83 tahun).

Biasanya malam lailatul qodar ini jatuh pada malam ganjil. I’tikaf pada sepuluh malam terakhir Ramadan menjadi cara untu meraih malam yang mulia itu.

Professor Quraish Shihab dalam buku Membumikan Al-Quran memaknai kata qadar pada lailatul qadar dengan tiga makna yakni yang pertama bermakna penetapan atau pengaturan, kedua berarti kemuliaan, ketiga berarti sempit.

Sempit artinya karena banyaknya malaikat yang turun ke bumi untuk mengatur segala urusan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen + 4 =

Shopping cart