Ngabuburit Virtual yang Bisa Dilakukan Bareng Teman

Ngabuburit tahun ini tak bisa kita lakukan bebas dengan ketemuan.

Dream – Anjuran di rumah saja digaungkan selama pandemi Covid-19. Alhasil, mengisi kegiatan dan ibadah di bulan Ramadan tak bisa sebebas dulu.

Termasuk saat ingin ngabuburit atau kegiatan menunggu buka puasa. Dulu, kegiatan menunggu buka puasa sering dihabiskan bersama teman-teman.

Mulai belanja takjil di pinggir jalan, mendengarkan kajian bersama di Masjid, atau hanya berkumpul sekadar cerita. Kini, ngabuburit bersama teman pun bisa dilakukan di rumah.

Pelaksanaanya bisa lewat online atau virtual, semarak tetapi tetap menjaga protokol kesehatan. Berikut kegiatan ngabuburit virtual yang bisa Kamu lakukan bersama teman di rumah masing-masing.

Membaca Alquran bersama

Kita bisa saling mengoreksi bila ada kesalahan bacaan Alquran meskipun pertemuan hanya lewat online. Pahalanya akan berlipat ganda setiap membaca Alquran bersama. Mulai dari ganjaran membaca per huruf, pahala ketekunan menuntut ilmu, dan juga ibadah berbagi ilmu.

 Waktu Terbaik Baca Alquran Saat Ramadan, Kapan Itu?

Mendengarkan kajian agama

Selama pandemi, banyak orang yang membuka webinar dengan tema apapun, temasuk topik keagaman. Kita pun tak perlu keluar rumah untuk menuntut ilmu. Ajak teman agar bisa saling berbagi dan koreksi catatan.

Belajar hal baru

Menunggu waktu berbuka puasa dapat dilakukan dengan belajar hal baru. Setiap teman pasti punya keahlian yang berbeda dibandingkan hal yang lain. Mintalah mereka mengajarkan keahliannya kepada yang lain. Misalnya tentang manajemen investasi syariah, atau bahkan ilmu beberes ala Marie Kondo.3 dari 3 halaman

Main game bersama

Ada beberapa game online yang bisa dilakukan bersama dari jarak jauh. Meski kelihatan sepele, game ini biasanya mengajarkan kekompakan tim, berbagi tugas, hingga kepemimpinan yang baik. Tapi ingat, jangan disertai kata umpatan saat keliru mengambil langkah atau kalah bermain game.

 Ilustrasi Silaturahmi

Reuni, ngobrol biasa

Bila tak ada agenda tertentu, ngobrol biasa melalui online juga bisa menjadi alternatif lain ngabuburit. Kita bisa ngobrol apa saja bahkan mengenang masa lalu yang lucu dan konyol. Pastikan ngobrol virtual tidak berujung pada ghibah atau membicarakan keburukan teman lain.

Jadi, kita masih bisa silaturahmi bersama teman di rumah saja. Lewat ngabuburit virtual, pertemanan tetap terjalin erat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × 3 =

Shopping cart