Penting! Ini 4 Vitamin yang Harus Dipenuhi Saat Puasa

Tubuh memerlukan asupan vitamin dan mineral untuk menjaga sistem metabolisme.

Dream – Biar tetap sehat selama berpuasa, tubuh perlu asupan bergizi. Maklum, dalam berpuasa kita tidak makan dan minum mulai fajar hingga Maghrib datang. Sehingga, tubuh perlu ‘bekal nutrisi’ yang baik agar kesehatan tetap terjaga, puasa pun menjadi lancar.

Tubuh memerlukan asupan vitamin dan mineral untuk menjaga sistem metabolisme. Vitamin yang tepat membuat risiko penurunan kesehatan dan kekebalan tubuh bisa dihindari, apalagi di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini.

Kita bisa mendapat asupan vitamin melalui berbagai jenis makanan. Vitamin juga tersedia dalam bentuk suplemen. Berikut ini vitamin yang harus dipenuhi agar puasa berjalan lancar.

1. Vitamin C

Keluarga

Vitamin C membantu menjaga sistem kekebalan tubuh. Vitamin ini membantu mencegah penyakit menyerang selama berpuasa, seperti mencegah penyakit kardiovaskular. Selain itu, vitamin C bisa membuat kulit lebih sehat.

Vitamin C bisa diperoleh dari buah jeruk, kiwi, dan blewah. Selain itu juga bisa didapatkan dari sayuran hijau, seperti brokoli.

2. Vitamin A

Wanita berkumpul untuk makan

Vitamin A penting untuk tubuh. Nutrisi ini bisa meningkatkan kekebalan tubuh hingga menyehatkan mata. Selama puasa, vitamin A bisa meningkatkan fungsi retina dan kornea, sehingga mata berfungsi baik. Makanan yang banyak mengandung vitamin A antara lain ubi jalar, sayur bayam, telur, wortel, hati sapi, dan susu.

3. Vitamin D

Bermain di pantai

Vitamin D bisa menjaga daya tahan tubuh dan kesehatan tulang. Sumber alami terbaik vitamin D adalah sinar matahari pagi. Sehingga kita disarankan berjemur di pagi hari. Vitamin D juga bisa diasup melalui suplemen tambahan.

4. Zinc

Zinc atau seng membantu imun melawan virus dan bakteri penyebab penyakit. Zinc bekerja secara maksimal menjaga tubuh tetap sehat meski tidak mendapat asupan makanan dan minuman dalam waktu yang cukup lama, seperti puasa.

Bila kekurangan zinc, seseorang lebih mudah lelah karena zinc berpengaruh pada sistem motorik, kognitif, dan psikososial. Sedikitnya zinc pada tubuh membuat sel motorik yang terganggu dan cepat merasa lelah.

Menu yang banyak mengandung zinc antara lain daging merah, makanan laut, kacang-kacangan, dan susu. Selain itu juga bisa diperoleh melalui suplemen tambahan.

Sumber: halodoc.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

thirteen + 18 =

Shopping cart