Perawatan Alami Kulit Agar Segar Selama Puasa

Penggunaan bahan-bahan alami dapat membuat kulit segar dalam waktu lama.

Dream – Saat puasa, tubuh berpotensi mengalami dehidrasi karena tak mendapatkan cairan selama lebih dari 13 jam. Akibatnya, kulit tubuh kehilangan kelembapan dan mengalami kekeringan.

Kulit yang kekeringan berpotensi mengalami penuaan dini seperti keriput. Bila tak cepat diatasi, kondisi kulit akan semakin parah. Karena sedang puasa, mencegah kekeringan pada tubuh juga bisa dilakukan lewat luar.

Caranya dengan mengoleskan lotion setelah mandi atau berwudhu. Pemakaian bahan-bahan alami juga menutrisi kulit agar tidak kering.

Hebatnya lagi, bahan alami ini mudah kita temukan di sekitar rumah. Ini yang membuat kulit terlihat lembab saat puasa Ramadan.

Madu

Madu mampu melembapkan kulit serta mencegah dampak buruk radikal bebas. Madu juga bisa digunakan pada wajah agar terlihat lebap, segar, dan sehat. Caranya dengan menjadikan madu sebagai masker.

Oleskan madu pada area kulit kering dan biarkan selama 1-20 menit. Setelah madu mulai mongering, bersihkan menggunakan air hangat.

4 Dampak Buruk Konsumsi Madu Berlebihan

Lidah buaya

Aloe vera atau lidah buaya mengandung anti-inflamasi atau anti-radang. Sifatnya inilah yang membuat lidah buaya tepat untuk kulit kering atau pecah-pecah. Lendir tanaman ini bisa melembabkan sekaligus menenangkan kulit.

Cara pemakaiannya, usapkan lendir aloe vera ke bagian kulit kering dan biarkan selama 10-12 menit. Kemudian bersihkan menggunakan air bersuhu ruangan.

Susu

Susu memang dikenal sebagai bahan pelembap kulit. Mandi dengan air hangat bercampur susu segar dapat menutrisi, mencerahkan, dan melembapkan kulit.

Selain digunakan untuk mandi susu, bahan ini bisa digunakan sebagai masker badan dan wajah. Caranya dengan mengaplikasikan susu pada kulit dan biarkan selama 10-1 menit. Setelah itu bersihkan menggunakan air hangat.

Alpukat

6 Resep Makanan Sehat dari Buah Alpukat, Unik dan Lezat!

Alpukat mengandung lemak tak jenuh dan omega 3 sehingga bermanfaat bagi kesehatan dan kelembapan kulit. Haluskan alpukan dan oles pada kulit yang kekeringan. Setelah 10 menit, bersihkan area kulit tersebut dengan air suhu ruangan.

Minyak zaitun

Berbagai minyak sebenarnya mampu mengunci kelembapan kulit. Namun minyak zaitun paling pas dipakai karena tidak terlalu lengket dan mudah menyerap dibandingkan jenis lain.

Gunakan minyak setelah memakai lotion tubuh untuk memberikan kelembapan ekstra saat puasa. Pijatlah minyak pada kulit selama 1-2 menit agar cepat meresap.

Dengan bahan-bahan alami ini, tak ada alasan bersedih karena puasa membuat kulit kering. Jangan lupa minum air cukup sekitar 2 liter per hari selama berbuka puasa hingga imsak untuk menjaga cairan tubuh dari dalam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen − 18 =

Shopping cart