Ramadan Kok Jadi Makin Boros? Mungkin Ini 5 Penyebabnya

Berikut ini ada 5 alasan yang sering ditemui.

Dream – Persoalan boros selama Ramadan tampaknya jadi masalah tiap orang dari tahun ke tahun. Padahal saat jalani puasa dengan tidak makan dan minum sejak subuh hingga Magrib menjelang, seharusnya kita bisa menghemat uag di dompet,

Kebanyaan orang bahkan tak sadar telah menjadi hidup lebih lebih boros ketika bulan puasa. Kita mungkin hanya makan di waktu sahur dan berbuka saja, tapi pernahkah memperhatikan atau mencatat pengeluaran kita selama bulan ini. 

Tanpa disadari, ada lima alasan yang membuat kamu mengeluarkan uang lebih banyak selama Ramadan. Apa saja?

Pertama, membeli menu berbuka puasa secara berlebihan.

Karena seharian lapar, kamu acapkali lapar mata. Banyak makanan berbuka yang kelihatan enak dibeli. Tapi, yang dimakan cuma sedikit.2 dari 6 halaman

Agenda Bukber dan Belanja Online

Kedua, mengikuti banyak agenda buka puasa bersama. Di bulan Ramadan, banyak agenda buka puasa bersama “ gentayangan”.

Kalau tak bisa pilah-pilih agenda bukber, alamat kantong kamu akan “ kebakaran”.

Ketiga, banyak promo dan diskon.

Pada bulan puasa, toko offline dan online menawarkan beragam promo diskon. Saking senangnya, kamu bisa kalap belanja berlebih, bahkan membeli barang yang tidak diperlukan.

 Ilustrasi

Ada THR dan Harga Barang Naik

Keempat, “ Gampang, kan, nanti dapat THR (Tunjangan Hari Raya)”.

Buat yang sering mengucapkan kalimat ini, hati-hati. Uang THR yang disisihkan untuk menabung, malah habis tak tersisa karena harus menutup pengeluaran bulanan.

 Ilustrasi

Kelima, harga barang naik.

Kebutuhan masyarakat semakin meningkat, sementara pasokannya segitu-gitu saja, akan membuat harga barang naik. Kalau yang ini, ya, susah untuk diubah.

Jadi, kira-kira dari lima hal di atas mana saja yang bisa kamu kondisikan agar dompet tetap tebal sampai selesai Lebaran?

Cara Berhemat Buka Puasa Selama Ramadhan bagi Generasi Millennial

Dream – Meski dikenal sebagai bulan menahan lapar dan haus, buktinya masih banyak yang mengeluarkan uang untuk belanja makanan buka puasa pada bulan Ramadhan.

Apalagi jika di daerah sekitar rumahnya terdapat Bazaar Ramadhan atau Pasar Tumpah yang menyediakan aneka makanan buka puasa.

Tentunya, secara tidak disadari, hal itu akan membuat pengeluaran selama bulan Ramadhan makin membengkak.

Namun, Sahabat Dream tidak usah khawatir. Kali ini Dream akan menyajikan cara berhemat buka puasa selama Ramadhan agar kantong tidak jebol.

1. Cara Berhemat Buka Puasa dengan Masak Nasi Sendiri

Cara berhemat buka puasa selama bulan Ramadhan yang pertama adalah masak nasi sendiri. Jika tidak sempat masak lauk pauk, sempatkan untuk masak nasi sendiri. Sementara lauk pauk bisa beli di luar.

Masak nasi sendiri di rumah tidak hanya merupakan langkah berhemat, tetapi juga memberikan kepuasan tersendiri apabila hendak nambah.

2. Cara Berhemat Buka Puasa dengan Buat Minuman Sendiri

Cara berhemat buka puasa selanjutnya adalah dengan membuat minuman sendiri di rumah. Selama bulan Ramadhan, minuman merupakan godaan terbesar di Bazaar Ramadhan. Warna-warna minuman yang terang-benderang membuat kerongkongan yang kering ini menelan air liur.

Jika bisa, buatlah minuman sendiri untuk berbuka puasa. Pada dasarnya, minuman terasa nikmat selama Ramadhan, bahkan air putih sekalipun.

3. Cara Berhemat Buka Puasa dengan Membuat Rencana dari Awal

Ketika memutuskan untuk masak resep menu sahur dan buka puasa sendiri, buatlah rencana masakan apa yang ingin dimasak.

Pertama, dapatkan panduan resep di Internet atau media sosial. Setelah itu, yang paling penting, buatlah perencanaan keuangan atau ‘anggaran’ untuk bahan masakan yang diperlukan.

Ketika merencanakan menu masakan selama minggu, pastikan bahan yang dibeli dapat digunakan di beberapa resep, untuk menghindari pemborosan. Saat membeli bahan masakan, buat perbandingan harga di beberapa toko atau supermarket.

Toko atau supermarket sering melakukan promosi selama bulan Ramadhan, dan kamu pasti dapat berhemat saat membandingkan harga.

4. Cara Berhemat Buka Puasa dengan Satu Hari, Satu Kue

Satu hari, satu kue merupakan cara berhemat buka puasa selama Ramadhan. Salah satu jenis makanan yang kerap dibuang-buang karena tak sempat dimakan adalah kue atau jajanan pasar. Dan orang-orang biasanya memborong aneka kue atau jajanan pasar dalam jumlah besar.

Tentu saja ini adalah bentuk pembaziran atau pemborosan. Lebih baik membeli satu jenis kue untuk satu hari selama Ramadhan supaya bisa tetap berhemat.

5. Cara Berhemat Buka Puasa dengan Titip Beli Makanan ke Tetangga

Dengan cara berhemat buka puasa ini, kamu bisa mengatur budget sehingga tidak tergoda untuk membeli makanan buka puasa yang lain.

6. Cara Berhemat Buka Puasa dengan Datang ke Masjid

Cara berhemat buka puasa dengan datang ke masjid mungkin jadi tips pamungkas jika kantong tiris alias bokek. Selain merupakan jurus andalan berhemat — mendapatkan makanan secara gratis, berbuka puasa di masjid akan memudahkan kamu untuk melakukan kewajiban sholat, baik wajib dan sunah, tanpa perlu ketinggalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 + 18 =

Shopping cart