Sayuran Ini Bikin Kenyang Lebih Lama, Cocok untuk Menu Sahur

Menu sayur dan buah-buahan sangat penting bagi tubuh kita selama puasa. 

Dream – Kita harus memperhatikan kandungan gizi menu sahur. Selain lauk-pauk sumber protein, pastikan menu sahur kita mengandung sayur dan buah-buahan.

Menu sayur dan buah-buahan sangat penting bagi tubuh kita selama puasa. Sebab, sayur dan buah-buahan sangat baik untuk menjaga tubuh agar kuat seharian berpuasa.

Ada beberapa sayuran yang cocok untuk menu sahur. Selain penuh gizi, sayur-sayuran berikut ini juga punya segudang manfaat, antara lain bisa tahan lebih lama sehingga kita tidak cepat merasa lapar saat berpuasa.

Brokoli

Brokoli

Brokoli punya berbagai manfaat jika dikonsumsi secara rutin. Sayuran hijau ini kaya serat serta vitamin D. Serat pada brokoli dapat melancarkan buang air besar dan menyehatkan sistem pencernaan. Selain itu, vitamin D pada brokoli bisa membantu menyerap kalsium.

Tak sulit untuk memasak brokoli. Kita bisa mencampurkannya dengan sup. Bisa juga sebagai campuran tumis yang menyehatkan tubuh.

Daun Selada

Selada

Selada bisa menjadi alternatif menu sahur. Kandungan seratnya sangat tinggi, sehingga membuat kita merasa kenyang lebih lama.

Mengonsumsi selada saat sahur dapat mencukupi kebutuhan serat dalam sehari sehingga puasa kita menjadi lebih lancar. Selada juga mengandung banyak air sehingga tubuh tetap terhidrasi.

Lobak

Lobak

Kandungan vitamin C dan air pada lobak cukup tinggi. Lobak juga bersifat antioksidan. Vitamin C pada lobak membantu memperkuat imun tubuh, sedangkan sifat antioksidan dapat menangkal berbagai radikal bebas.

Ubi

Ubi

Ubi jalar punya banyak serat yang baik bagi tubuh. Kandungan vitaamin C ubi jalar juga tinggi. Bila kita mengonsumsi ubi saat sahur, sistem kekebalan tubuh kita bisa bertambah kuat.

Selain itu, ubi juga kaya serat sehingga membuat perut kenyang lebih lama. Kandungan serat dalam ubi juga bisa meningkatkan reaksi insulin yang dapat mengontrol kadar gula dalam darah.

Wortel

Wortel

Sayuran ini sangat cocok untuk sahur. Vitamin A dan beta karoten dalam wortel dapat membantu menjaga kesehatan mata.

Tomat

tomat

Likopen yang terkandung dalam tomat bisa dimanfaatkan tubuh untuk mencegah berbagai penyakit, termasuk kanker dan strok.

Tomat juga dapat menyehatkan hati dan menghindarkannya dari hati berlemak. Ada berbagai cara menikmati tomat ketika sahur, bisa dijus atau dicampurkan ke masakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × four =

Shopping cart