Semangat Baca Alquran Selama Ramadan, Begini Caranya

Tadarus Alquran menjadi salah satu amalan yang sangat ditekankan ketika Ramadan.

Dream – Salah satu amalan penting yang dilakukan selama Ramadan adalah membaca Alquran. Umat Islam biasanya menggelar kegiatan tadarus Alquran sepanjang Ramadan

Jika biasanya tadarus dilakukan di masjid, kamu bisa mengganti dengan membaca Alquran di rumah. Ini karena Ramadan masih dalam suasana pandemi Covid-19.

Soal waktunya, kamu bisa melakukan kapan saja. Baik itu setelah sholat Tarawih atau setelah makan sahur sembari menunggu waktu Subuh.

Bisa juga di sela aktivitas harianmu selama Ramadan. Karena membaca Alquran termasuk amalan sholeh.

Nah, ini caranya agar kamu semangat membaca Alquran selama bulan puasa.

Baca Alquran Sebanyak Mungkin

Pahala membaca Alquran dihitung setiap huruf. Jumlah ganjaran kian bertambah karena akan dilipatgandakan selama Ramadan. Sebab itulah, kita sebaiknya membaca Alquran sebanyak-banyaknya.

Sedangkan yang belum lancar mendaras Alquran tetapi tekun belajar membaca, mereka akan mendapatkan dua pahala di setiap hurufnya. Tak hanya ganjaran membaca tetapi juga pahala kesabaran menuntut ilmu.

Ilustrasi Doa Berdoa Baru

Mendengarkan Bacaan Alquran

Bagi wanita yang tengah datang bulan, membaca Alquran memang sulit dilakukan. Tetapi mereka masih bisa mendapatkan pahala dengan mendengarkan lantunan ayat suci Alquran.

Kamu bisa memutar playlist surat-surat Alquran lewat gawaimu tanpa harus keluar rumah selama pandemi.

Mendengarkan bacaan Alquran sekaligus membantu kita belajar cara pelafalan, tajwid yang benar. Dengan demikian, Kamu bisa mengoreksi cara membaca Alquran yang salah setelah masa haid berlalu.

Memahami Makna Surat

Alquran adalah tuntunan hidup setiap muslim. Mempelajari dan memahami isi Alquran mempermudah kita menghadapi masalah. Apalagi bila tuntunan dalam Alquran diterapkan di kehidupan sehari-hari.

Memahami makna surat-surat dalam Alquran termasuk alasan diturunkannya (asbabun nuzul) membuatmu lebih rajin membaca Alquran. Alhasil, ayat-ayat tak hanya dibaca tetapi juga bisa menjadi petunjuk berperilaku.

Ilustrasi Berdoa

Menghafal Alquran

Selama bulan Ramadan, cobalah menghafalkan ayat-ayat suci Alquran sehingga membuat hati lebih tenang. Kamu bisa melakukkanya seraya menunggu waktu berbuka puasa atau menanti Subuh setelah sahur. Cara ini dapat membantu kita lebih rajin dan istiqomah membaca Alquran.

Jadi, jangan lupa senantiasa membaca Alquran selama bulan Ramadan. Tak hanya mendapatkan pahala berlipat ganda, Kita bisa mengendalikan hawa nafsu dan emosi selama puasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twenty + fifteen =

Shopping cart