Tak Perlu Takut Berolahraga Saat Puasa

Meski energi berkurang karena selama puasa tidak makan dan minum, kita tetap bisa berolahraga dengan sedikit penyesuaian.

Dream – Puasa selama Ramadan bukan berarti harus meninggalkan olahraga. Meski energi berkurang karena selama puasa tidak makan dan minum, kita tetap bisa berolahraga dengan sedikit penyesuaian.

” Hal yang diperlukan hanyalah membagi waktunya saja. Sebaiknya, sebelum berbuka atau setelahnya,” ujar Head of Nutrifood Research Center, Astri Kurniati.

Waktu ideal berolahraga saat puasa bisa diperpendek dari hari-hari biasa. Saban minggu, minimal 150 menit atau 30 menit dalam sehari.

” Kalau jumlah kalori enggak kurang dari hari biasa. Kalau cuma duduk di depan laptop seharian, dianjurkan 1500-1700 kalori. Sedangkan yang aktif, 2000 kalori,” tambah Astri.

Menurut Astri, berpuasa tidak membuat seseorang kekurangan kalori, tapi mikronutrisi, seperti protein, vitamin, mineral dan serat. Oleh karena itu kita perlu mengoptimalkan nutrisi dengan berbagai makanan kaya nutrisi seperti nasi merah, buah, sayur, daging, tahu dan tempe.

” Porsi ideal saat sahur adalah karbohidrat kompleks dan protein seperempat piring serta sayur setengahnya. Kalau berbuka, karbohidratnya diganti yang sederhana dari buah-buahan paling bagus,” kata Astri.

Karbohidrat kompleks dan makanan berserat bisa menunda rasa lapar dengan memperlambat proses pencernaan. Sehingga energi bisa diproses perlahan-lahan. Sedangkan, protein menjaga stamina selama seharian.

” Kamu pun tidak perlu ragu dalam menjalani diet, asalkan, asupan makanannya sehat dan sesuai dengan metabolisme tubuhnya,” ujar Astri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 − 1 =

Shopping cart