Tip Agar Tetap Semangat Sampai Hari Terakhir Ramadan

Agar tetap bersemanagat hingga akhir Ramadan, maka dibutuhkan kondisi tubuh yang terus fit.

Dream – Kita sudah berada di penghujung bulan Ramadan. Mungkin di antara kita ada yang semangat ibadahnya agak mengendur, padahal di sepuluh hari terakhir Ramadan terdapat Laulatul Qadar.

Sehingga sangat sayang apabila semangat kita menurun di sepuluh hari terakhir Ramadan. Apalagi saat semua orang berlomba menyambut Lailatul Qadar, malam yang lebih baik dari seribu bulan.

Agar tetap bersemanagat hingga akhir Ramadan, maka dibutuhkan kondisi tubuh yang terus fit. Stamina harus tetap dijaga, karena tubuh yang bugar membuat kita tetap semangat selama menjalankan puasa.

Berikut tip agar kita tetap semangat dalam menjalankan puasa.

Meyakinkan Diri

Mungkin kita menemui banyak tantangan selama berpuasa. Tak hanya menahan diri dari makan dan minum, kita juga harus mengekang hawa nafsu selama berpuasa. Kita harus menekan emosi dan pikiran negatif. Agar tetap semangat, kita harus punya motivasi tinggi untuk menyelesaikan puasa hingga hari terakhir.

Makan Sahur Secukupnya

Jangan makan berlebihan saat santap sahur maupun berbuka puasa. Sebab, terlalu banyak makan saat sahur bakal membuat kita ngantuk pada siang hari. Makanlah dalam porsi sedang.

Pilih menu seimbang, karbohidrat, protein, dan serat, dalam menu. Makanan yang seimbang akan membuatmu kenyang lebih lama saat puasa.

Sesuaikan Waktu Tidur

Jika biasa tidur larut malam, ubahlah. Cobalah tidur lebih awal karena harus bangun lebih awal untuk makan sahur saat menjalani puasa.

Setelah sahur dan sholat Subuh mungkin lebih baik tidak tidur karena bisa membuat kita merasa lesu setelahnya. Lebih baik melanjutkan olahraga atau aktivitas memberi energi lainnya.

Lakukan Olahraga

Manfaatkan waktu pagi hari untuk berlahraga, misalnya setelah sholat Subuh, seperti pemanasan, atau jalan-jalan santai. Olahraga akan membantu tetap rileks dan segar dan menghindarkan dari rasa kantuk.

Hindari Kafein

Pada hari-hari biasa, kafein dapat membantu terjaga terutama saat merasa mengantuk. Namun, saat bulan puasa, tidak disarankan mengkonsumsi kafein saat sahur atau berbuka puasa karena dapat melukai lambung dan membuat mual.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 − 4 =

Shopping cart