Tips Ampuh Hilangkan Bau Mulut Saat Puasa

Tentu kondisi napas yang bau membuat kita tidak percaya diri saat berbicara dengan orang lain.

Dream – Sudah wajar bila nafas kita bau saat berpuasa. Karena tidak minum, produksi air liur menurun, sehingga bakteri di mulut budah berkembang dan menyebabkan napas yang bau.

Tentu kondisi napas yang bau membuat kita tidak percaya diri saat berbicara dengan orang lain. Kita khawatir lawan bicara bakal tidak nyaman dengan bau mulut kita.

Menurut para ahli, faktor makanan juga menjadi sumber utama bau mulut, seperti bawang putih, bawang merah, keju, susu, daging dan sebagainya, selain kemungkinan adanya penyakit.

Tapi, jangan khawatir. Kita bisa mengurangi bau mulut ini selama menjalankan ibadah puasa. Ada beberapa trik menjaga keadaan mulut agar tidak terlalu bau saat berpuasa.

1. Hindari makan makanan berbau saat sahur

Makan menu yang menghasilkan bau tajam, seperti bawang merah, bawang putih, susu, keju, daging, telur, petai, jengkol dan sejenisnya, akan membuat mulut cepat bau. Jika hidangan sahur mengandung bahan-bahan tersebut, segera gosok gigi dengan benar agar mulut tidak terlalu bau.

2. Minum banyak air putih saat buka dan sahur

Produksi air liur berkurang saat berpuasa di siang hari, sehingga rongga mulut menjadi kering dan bau. Perbanyak minum air putih saat buka dan sahur untuk menjaga keseimbangan air dalam tubuh dan membantu menghasilkan air liur.

3. Memakai obat kumur

Sikat gigi terkadang belum cukup untuk menutup bau mulut. Selain di gigi, bakteri juga berkembang di bagian lidah dan gusi. Bagian ini juga harus dibersihkan dengan sikat gigi yang lembut. Selain itu, gunakan floss untuk menghilangkan sisa makanan di sela gigi yang menjadi penyebab asal bakteri.

Sikat gigi minimal dua kali sehari, setelah sahur dan buka puasa. Selain menyikat gigi dua kali sehari, berkumur dengan obat kumur oral juga menjadi cara terbaik untuk menjaga napas tetap segar.

4. Kurangi Mengobrol

Ketika kita terlalu banyak bicara, air liur akan cepat menjadi pekat karena mulut kita kering selama berpuasa.

5. Periksa ke dokter

Jika mulut masih bau bahkan meski sudah dibilas dengan obat kumur oral atau menggosok gigi dengan benar, periksalah ke dokter. Mungkin ada masalah dengan gigi atau gusi.

Jadi, menjaga napas tetap segar selama menjalankan puasa sebenarnya mudah dilakukan. Trik ini sebenarnya tidak hanya berlaku di bulan puasa, tapi bisa digunakan di bulan-bulan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one + 6 =

Shopping cart