Tips Membuat Si Kecil Semangat Bangun Sahur

Bangun sahur sungguh berat, apalagi untuk si kecil. 

Dream – Puasa Ramadan wajib bagi seluruh muslim yang telah dewasa dan sehat jasmani serta akal. Meninggalkan puasa ini termasuk dosa besar selama tidak sesuai alasan yang dibenarkan syari dan wajib diqadha di hari lain.

Anak-anak belum wajib berpuasa. Tetapi, tak ada salahnya mengajarkan keutamaannya sedini mungkin.

Hal yang paling sulit adalah membangunkan anak untuk makan sahur. Penyebabnya, mata masih mengantuk diajak bangun pagi buta.

Padahal sahur sangat dianjurkan karena asupan nutrisi agar lebih kuat menahan lapar selama puasa seharian. Agar mereka semangat sahur, pratikkan tips berikut.

Cerita keutamaan sahur

Beri pemahaman pada mereka tentang keutamaan sahur agar buah hati semangat bangun. Misalnya jelaskan pentingnya sahur agar puasa lancar dan tak cepat lapar.

Tubuh lebih bugar karena memiliki cadangan energi. Selain itu, jelaskan pada mereka bahwa Allah SWT akan membuat puasa lebih mudah dan berkah setelah kita menyantap sahur.

 Ibu dan Anak

Ajak anak tidur lebih awal

Anak malas bangun sahur karena mengantuk dan kurang tidur. Agar mereka cukup waktu tidur, ajak si kecil tidur lebih awal sehingga mereka nyaman bangun lebih pagi.

Siapkan menu favorit

Agar anak semangat bangun sahur, biarkan mereka memilih menu makanan sendiri. Turuti, sepanjang makanan yang dia pilih tercukupi nutrisinya.

Mereka juga bisa diajak membantu menyiapkan makanan sahur. Beri anak-anak tugas yang mudah seperti mencuci sayur atau memecahkan telur.

 Ibu dan Anak

Beri pujian

Saat anak mau bangun pagi dan semangat menyantap sahur, jangan ragu untuk memberikan pujian. Tujuanya agar besoknya mereka lebih semangat bangun sahur.

Mengajarkan puasa dan keutamaan sahur akan melatih si kecil lebih bersyukur atas nikmat makanan yang Allah berikan. Hal ini juga mengajarkan anak disiplin dan mengharagai waktu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

thirteen − 8 =

Shopping cart