Trik Menahan Rasa Lapar Saat Jalani Puasa Ramadan

Selama seharian, kita tidak boleh makan dan minum. Lantas bagaimana jika lapar?

Dream – Umat Islam diwajibkan berpuasa bagi yang telah dewasa dan sehat jasmani serta akal. Puasa identik dengan menahan lapar, haus, serta nafsu dari adzan Subuh hingga Maghrib.

Berpuasa juga terbukti memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Kita bisa mengendalikan berat badan, mencegah kolesterol tinggi, tekanan darah, dan menyeimbangkan gula darah.

Tetapi, ternyata masih banyak orang yang kesulitan menahan lapar di luar jadwal makan rutinnya. Jadi penting bagi kita menyiasati rasa lapar agar kuat berpuasa selama seharian.

Ada beberapa tips kuat tidak makan yang bisa dipraktikkan selama Ramadan.

Sibukkan diri

Rasa lapar saat berpuasa wajar muncul karena kita tidak makan dalam waktu lama. Anehnya, rasa lapar sering muncul di hari libur dibandingkan hari kerja.

Ini karena pikiran kita teralihkan dari makanan ke pekerjaan. Jadi, janganlah berdiam diri tanpa aktivitas lain.

Solusinya, cobalah sibukkan diri dengan kegiatan positif saat tak ada pekerjaan mendesak. Misalnya seperti membaca Alquran, mendengar kajian, membaca buku, dan lain sebagainya.

Makanan dan minuman yang tepat saat sahur

7 Menu Buka Puasa 2021 Berbahan Dasar Telur

Beberapa makanan menyebabkan rasa kenyang lebih lama. Karbohidrat komplek seperti nasi merah, gandum, oatmeal, membuat kenyang lebih lama dibandingkan nasi putih biasa.

Makanan kaya serat seperti sayuran dan buah-buahan membuat perut nyaman dan tak mudah lapar. Hindari juga pengolahan makanan yang menyebabkan cepat haus seperti digoreng, bersantan, atau terlalu pedas.

Hindari juga minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh saat sahur. Sifatnya yang karena memicu diuretic atau kondisi menyebabkan buang air kecil terlalu sering sehingga mengalami dehidrasi.

Berwudhu atau mandi

Keadaan tubuh yang dehidrasi atau kurang segar, kadang menyaru menjadi rasa lapar. Segera berwudhu atau mandi saat lapar datang.

Air segar yang masuk ke pori-pori sedikit menghilangkan hasrat ingin makan.

Cukup tidur

Pola Tidur Berantakan Saat Ramadan? Ini Solusinya

Tak hanya dehidrasi, rasa ngantuk juga kadang memicu lapar dan keinginan mulut untuk mengunyah. Pastkan kamu tidur cukup meski harus bangun pagi dini hari untuk sholat malam dan sahur.

Caranya dengan memajukan jam tidur lebih awal. Tidur siang barang 10-15 menit ampuh menghilangkan rasa kantuk dan lapar.
Sejumlah penelitian menyebutkan tidur siang mengatasi kekurangan waktu tidur malam hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

11 + 5 =

Shopping cart