Wajib Tahu Perbedaan Puasa Ramadan, Arafah, & Sunah

Semua memiliki pahala yang luar biasa.

Dream – Apa sih yang ada di benak Sahabat Dream ketika mengetahui atau mendengar kata puasa? Umumnya hal pertama yang terbesit di kepala saat kata puasa diisebutkan adalah ramadan, lapar, buka puasa bersama, dan lebaran.

Namun Sahabat Dream paham tidak sih apa sebetulnya pengertian puasa. Merujuk pada Al-Quran surat Al-Baqoroh ayat 187 tentang kewajiban berpuasa, pengertian puasa menurut bahasa ialah menahan diri dari sejak terbit fajar hingga matahari tenggelam. 

Sedangkan menurut istilah, pengertian puasa artinya beribadah kepada Allah dengan cara menahan diri dari minum, makan serta segala sesuatu yang membatalkannya.

Salah satu ibadah puasa yang paling dikenal semua muslim dunia adalah puasa Ramadan. Namu tahukah kamu jika ada juga pembagian pengertian puasa berdasarkan waktu. Apa saja ya?

Puasa Ramadan

Menurut syariat Islam, pengertian puasa Ramadan adalah amalan ibadah yang dilakukan dari terbitnya fajar hingga tenggelamnya matahari selama bulan Suci Ramadan yang hadir setahun sekali dengan menahan diri dari perbuatan buruk maupun yang membatalkan yang disertai dengan niat karena Allah SWT.

Ada beberapa hal lainnya yang harus kamu pahami, seperti rukun dan syarat puasa.

1. Beragama Islam
2. Baligh
3. Sehat Jasmani dan Rohani
4. Bukan seorang musafir
5. Suci dari haid dan nifas
5. Mampu dan kuat menjalankan puasa Ramadan

Puasa Arafah

Pengertian puasa Arafah diartikan sebagai puasa sunah pada tanggal 9 Dzulhijah, bertepatan dengan pelaksanaan ibadah wukuf di Arafah yang dilakukan oleh jamaah haji.

Hukum puasa Arafah memang berbeda dengan puasa Ramadan, sebab hukum puasa ini adalah sunah. Tapi, umumnya seseorang mengerjakan ibadah puasa ini untuk mendapatkan keutamaan yang luar biasa.

Oleh karena itu kebanyakan orang yang tidak menunaikan ibadah haji rata-rata menjalankan puasa sunah ini.

Adapun hikmah yang di dapatkan saat mengerjakan puasa 9 Dzulhijah, ialah dihapuskan dosa, hingga dibebaskan dari api neraka selama 70 tahun.

Jadi, sangat disayangkan kalau Sahabat Dream meninggalkannya.

Puasa Sunah

Dalam hukum Islam, puasa terdapat dua bagian, yakni puasa wajib dan sunah. Puasa wajib ialah puasa yang harus dilaksanakan umat muslim selama sebulan penuh di bulan Ramadan.

Sedangkan, puasa sunah merupakan puasa yang tidak dikerjakan tidak berdosa, tapi sangat dianjurkan untuk dilakukan.

Apa saja yang termasuk dalam puasa sunah?

1. Puasa Senin dan Kamis

Puasa sunah sudah tidak asing lagi di kalangan umat Muslim. Sebab, puasa sunah yang dilakukan di hari Senin dan Kamis ini sangat sering dilaksanakan bagi umat Islam.

2. Puasa Syawal

Puasa Syawal merupakan puasa sunnah yang dilakukan selama enam hari pada bulan Syawal, tepatnya pasca hari raya Idulfitri.

Meski begitu, puasa sunah ini boleh dilakukan di tanggal yang tidak ditentukan, sehingga boleh urut maupun acak, asalkan masih dalam bulan Syawal.

3. Puasa di Bulan Dzulhijah

Pengertian puasa sunah adalah puasa yang dikerjakan dalam 10 hari pertama bulan Dzulhijjah.

Bahkan, kalau kamu mengerjakan puasa sunah tersebut akan mendapatkan pahala yang sama besarnya dengan pahala orang yang meninggal di jalan Allah SWT atau mati syahid.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × 3 =

Shopping cart